Tips Memilih Lem Sepatu yang Bagus

No comment 65 views

Sepatu merupakan bagian dari fashion pria dan wanita. Biasanya sepatu digunakan untuk alas kaki ataupun bagian dari penunjang penampilan supaya terlihat menarik. Tak heran, jika banyak orang yang rela menghabiskan ratusan hingga jutaan rupiah untuk membeli sebuah sepatu. Sehingga biaya untuk perawatannya pun menjadi sepadan, terlebih ketika sepatu rusak, sobek ataupun terlepas dari sol nya.

Tips Memilih Lem Sepatu

Untuk beberapa merek sepatu ternama, biasanya ketika mengalami kerusakan itu tidak bisa ditangani secara sembarangan. Biasanya sepatu akan diserahkan kembali ke toko ataupun pabrikan untuk dilakukan perbaikan dengan peralatan-peralatan khusus. Namun tak sedikit juga sepatu-sepatu yang umum dijual, saat mengalami kerusakan bisa ditangani sendiri, bahkan oleh penggunanya. Untuk kerusakan-kerusakan ringan seperti sol sepatu yang lepas dan sebagainya, sebenarnya tidak harus langsung di bawa ke tukang reparasi sepatu. Anda bisa melakukan perbaikan sendiri dengan menggunakan lem sepatu. Dengan melakukan reparasi sendiri, Anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Karena Anda hanya membutuhkan lem yang bagus untuk memperbaikinya.

Nah, buat Anda yang berencana untuk melakukan reparasi sepatu sendiri. Simak ulasan dari ceklist.id berikut ini;

1. Jenis lem yang digunakan

Dipasaran sana, ada banyak sekali merek lem sepatu yang bisa digunakan untuk reparasi sol sepatu yang lepas. Sebagai rekomendasi jika sol sepatu Anda berbahan dasar karet, maka sebaiknya pilih lem sepatu yang khusus untuk sol karet. Misalnya, Lem Fox Plus Tube yang berasal dari Aica Indria. Lem ini terbuat dari bahan polychloroprene rubber. Lem jenis ini memiliki daya rekat yang kuat serta tahan panas hingga suhu 100°C. Selain bisa digunakan untuk merekatkan kembali sol sepatu, Lem ini jjuga bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada sepatu yang berbahan canvas, kulit asli ataupun sintetis.

2. Hindari menggunakan lem Super Glue.

Lem super glue memang bisa diandalkan untuk untuk memperbaiki sol sepatu yang lepas secara tiba-tiba. Daya rekatnya sangat kuat dan tidak butuh waktu yang lama untuk mengering. Namun lem super glue menghasilkan panas karena reaksi kimia yang terjadi ketika cairannya keluar dari tube-nya. Penggunaan lem super glue dalam rentang waktu tertentu dapat membuat karet sol menjadi keras dan pada akhirnya menjadi rapuh. Sehingga pemakaian yang berulang, justru dapat merusak sol sepatu.

3. Warna Lem

Ada beberapa warna lem sepatu yang tersedia di pasaran. Namun standartnya adalah tidak berwarna (bening). Warna bening ini adalah warna terbaik yang bisa digunakan. Karena tidak menimbulkan noda (bercak) pada sol sepatu. Sebaiknya hindari menggunakan warna lem putih jika sol sepatu Anda berwarna hitam dan begitu pula sebaliknya. Karena dapat mempengaruhi warna sol pinggiran sepatu Anda.

Leave a reply "Tips Memilih Lem Sepatu yang Bagus"