Tanaman Sirih dan Segudang Manfaatnya

No comment 296 views

manfaat sirih

Sirih, siapa tidak mengenal tanaman herbal yang satu ini. Tanaman liar yang banyak tumbuh di daerah tropis ini biasanya tumbuh merambat pada tanah ataupun kayu/pepohonan lain. Tanaman ini sangat mudah dikembangkan karena bisa juga di tanam pada pot. Tanaman dengan nama latin Piper betle ini sudah dipercaya sejak lama karena berkhasiat bagi kesehatan. Sejumlah produk kesehatan juga menggunakan bahan dasar sirih, karena manfaat sirih yang sudah teruji klinis.

Di Indonesia ada beberapa jenis sirih yang banyak dibudidayakan. Namun yang paling terkenal adalah jenis sirih hijau dan juga sirih merah. Meskipun berbeda jenisnya, namun keduanya memiliki manfaat yang sama untuk kesehatan. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat daun sirih, berikut ulasan selengkapnya;

  1. Menyembuhkan Sariawan

Menurut penelitian, daun sirih mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini sangat berguna untuk mengatasi berbagai masalah mulut. Nah, jika Anda mengalami sariawan ataupun gusi bengkak, daun sirih bisa menjadi obat yang murajab untuk menyembuhkannya. Cara penggunaaan daun sirih juga sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Kemudian rebus daun sirih tersebut dengan satu gelas air selama lebih kurang 15 menit. Lalu diamkan hingga dingin dan gunakan air rebusannya yang sudah disaring untuk berkumur-kumur.

Atau jika Anda ingin lebih praktis. Daun sirih yang sudah dicuci bersih, langsung saja di kunyah-kunyah hingga lumat. Lalu selanjutnya tinggal ditempelkan pada bagian mulut yang terdapat sariawan.

  1. Mengatasi Masalah Bau Badan

Jangan anggap remeh masalah bau badan. Sesuatu yang hanya bisa dirasakan dengan indraa penciuaman ini ternyata sangat mempengaruhi performa seseorang di depan klien ataupun kolega. Tentu Anda tidak mau kan, momen penting Anda berakhir tragis hanya karena bau badan Anda yang kurang sedap. Nah, jika Anda kerap bermasalah dengan hal ini, ada baiknya manfaatkan daun sirih untuk mengatasinya.

Kandungan antibakteri yang ada pada daun sirih, ternyata sangat ampuh untuk membunuh kuman penyebab masalah bau badan. Cara penggunaannya pun tidak sulit, Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih, lalu gunakan air rebusan tadi untuk mandi. Kandungan antibakteri yang terlarut dalam air rebusan, akan membunuh kuman-kuman di tubuh Anda, dan membuat tubuh Anda harum dan segar.

  1. Keputihan

Bagi kebanyakan wanita, keputihan merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu sekali. Biasanya jika sedang mengalami keputihan, akan timbul rasa gatal yang luar biasa di area intim dan juga keluar aroma yang tidak sedap. Sebenarnya ini bisa diatasi dengan menggunakan cairan pembersih khusus wanita. Namun bagi Anda yang ingin menggunakan produk alami, Anda bisa menggunakan air rebusan daun sirih untuk membasuh organ intim. Lakukan hal ini setidaknya satu hingga dua kali seminggu.

  1. Menghentikan Perdarahan di Hidung

Orang tua zaman dahulu telah terbiasa menggunakan daun sirih untuk menghentikan perdarahan di hidung (mimisan). Dan itu ternyata sudah terbukti khasiatnya secara medis. Daun sirih mengandung zat yang dapat menekan terjadinya perdarahan. Cara penggunaannya sangat mudah, ambil selembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Kemudian daun digulung dan di sumpel kan ke rongga hidung. Tunggu beberapa saat hingga perdarahan berhenti.

Leave a reply "Tanaman Sirih dan Segudang Manfaatnya"