Seperti ini Perkembangan Janin Usia 5 Bulan

No comment 392 views
Perkembangan Janin 5 Bulan

 

Pada artikel kali ini, kami tidak sedang membahas bagaimana tips cepat hamil. Namun kami akan membahas bagaimana perkembangan janin saat usianya sudah memasuki 5 bulan. Jadi, ketika usia kandungan memasuki 5 bulan, terlihat perkembangan yang sangat signifikan pada janin dan tubuh Ibu. Perkembangan janin 5 bulan sudah menunjukkan kemampuan janin untuk mengenali lingkungan yang ada di luar rahim. Pada usia ini pula janin sudah memiliki organ tubuh yang berkembang dengan sempurna.

Perubahan fisik yang terjadi pada saat janin berusia 21 minggu ini, umumnya janin akan memiliki panjang sekitar 21-22 cm dan diikuti dengan kenaikan berat yakni sekitar 340-30 gram. Selain itu organ-organ pankreas, bibir dan mata juga semakin matang da sempurna. Namun iris dan bagian dalam bola mati masih belum terbentuk sempurna, karena membutuhkan lebih banyak pigmen lagi.

Selengkapnya, berikut adalah perkembangan janin usia 5 bulan yang perlu Ibu ketahui.

  1. Janin sudah semakin besar dan ini ditunjukkan dengan mulai banyaknya ia meminum air ketuban. Kondisi ini merupakan tanda bahwa percernaannya sudah mulai berfungsi dengan baik. Selain itu volume ketuban juga semakin bertambah sehingga ia pun akan semakin aktif bergerak.
  2. Meskipun tubuhnya sudah mulai terlihat proporsional, namun masih lebih kurus bila dibandingkan dengan bayi yang baru lahir.
  3. Tubuhnya juga akan ditumbuhi dengan bulu-bulu halus yang disebut lanugo. Bulu-bulu ini berfungsi untuk menjaga suhu tubuh bayi tetap dalam kondisi yang stabil. Lanugo sendiri akan hilang dengan sendirinya saat si kecil lahir.
  4. Mata janin sudah terbentuk, namun bagian bawah matanya masih belum berpigmen.
  5. Wajah janin sudah terbentuk, sehingga akan terlihat mirip dengan Ibu dan Ayahnya.
  6. Janin mulai belajar untuk mereganggkan otot, dengan intensitas yang lebih sering dari sebelumnya.
  7. Kulit janin lebih sentisitif terhadap rangsangan, hal ini dikarenakan jaringan kulit yang memang sudah terbentuk.
  8. Pendengarannya sudah lebih baik dari sebelumnya, sehingga terkadang merespon suara-suara yang dilontarkan Ibu kepada janin.
  9. Imun tubuh semakin baik, sehingga mampu melindungi tubuhnya dari serangan penyakit.
  10. Terbentuknya lemak pada janin. Lemak ini berfungsi untuk membantu keseimbangan suhu antara tubuh janin dengan rahim Ibu.

Leave a reply "Seperti ini Perkembangan Janin Usia 5 Bulan"