Ragam Manfaat Vitamin C untuk Tubuh

No comment 153 views

Sejak kecil kita sudah diajarkan tentang betapa besar manfaatnya vitamin c bagi kesehatan. Nah, ingat tidak, saat kita masih kanak-kanak dulu dan seketika itu mengalami sariawan. Orang tua pasti langsung menyuruh kita untuk mengkonsumsi buah terutama jeruk. Yah, jeruk memang memiliki kandungan vitamin c yang cukup ini. Jeruk dipilih lantaran mudah didapat dan harganya juga terjangkau. Bahkan jeruk juga sering dijadikan suplemen vitamin c yang bisa diminum kapan saja. Salah satu suplemen vitamin c yang paling banyak dikenal adalah Vitacimin. Suplemen dalam bentuk tablet hisap ini sangat tinggi kandungan vitamin c –nya. Makan 2 tablet vitacimin, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin c harian kita (1000mg). Harga vitacimin pun sangat terjangkau, dan yang pasti sangat bisa diandalkan ketika tubuh sedang mengalami masalah kesehatan.

harga vitacimin

Vitamin c merupakan nutrisi yang larut dalam air. Sayangnya nutrisi ini tidak bisa diproduksi oleh tubuh secara mandiri. Sehingga kita membutuhkan asupan dari buah dan sayur ataupun suplemen. Asupan vitamin c dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga fungsi kerja organ tubuh, sehingga besar kaitannya dengan imunitas. Nah berikut ini adalah berbagai manfaat vitamin c yang harus kamu ketahui;

1. Membantu mengatasi flu

Vitamin c memang bukan termasuk golongan obat-obatan. Namun ia memiliki manfaat yang sama dalam hal penyembuhan. Terbukti, saat orang mengalami flu, dokter menganjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi kandungan vitamin c –nya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sistem imun dan untuk mencegah terjadinya komplikasi serius, seperti pneumonia dan infeksi paru-paru.

2. Mengontrol tekanan darah

Bagi penderita hipertensi, juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin c. Hal ini karena vitamin c mampu mengontrol tekanan darah sehingga menjaga tensi tetap dalam kondisi yang stabil. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins University, mengkonsumsi vitamin c sebanyak 500 mg per hari, dapat menurunkan tekanan darah sistolik. Sebab, vitamin c mengandung efek diuretik, yang berguna untuk mendorong kelebihan cairan dari dalam tubuh ke saluran pembuangan manusia. Sehingga dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan aman.

3. Memperlambat penuaan kulit

Selain organ dalam tubuh, kulit juga membutuhkan asupan vitamin c yang berfungsi untuk memperlambat terjadinya penuaan dini pada kulit. Ini bisa terjadi lantaran vitamin c mengandung zat antioksidan yang bisa mempengaruhi sel di dalam dan luar tubuh. Selain itu rutin mengkonsumsi vitamin c juga terbukti ampuh untuk menghambat terjadinya keriput dan permasalahan kulit kering. Sehingga vitamin c juga sering dimanfaatkan sebagai tambahan nutrisi pada berbagai produk kecantikan.

4. Mencegah anemia defisiensi besi

Anemia defisiensi besi merupakan jenis penyakit dimana sel darah merah kekurangan unsur zat besi. Sementara yang sudah diketahui bahwa zat besi berguna untuk mengikat oksigen dan membantu mengedarkannya ke sluruh tubuh. Masalah ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi vitamin c. Sebab vitamin c mengandung asam askorbat yang berperan penting dalam meningkatkan penyerapan zat besi. Terutama zat besi yang diperoleh dari makanan yang bersumber nabati, yang memang lebih sulit untuk diserap tubuh.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Vitamin c yang dikonsumsi dapat meningkatkan produksi kolagen. Dimana kolagen adalah protein yang mampu mempercepat pembentukan jaringan tubuh saat terjadi luka. Dengan kolagen yang melimpah maka luka akan lebih cepat pulihnya.

Leave a reply "Ragam Manfaat Vitamin C untuk Tubuh"