Beberapa Kemungkinan Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan dari yang Ringan Sampai Berat

Mengalami sakit perut sebelah kanan bawah seringkali dikaitkan dengan tanda-tanda usus buntu. Penyakit radang usus buntu merupakan penyebab paling umum pada sakit perut sebelah kanan bawah. Penderita tidak hanya merasakan sakit perut di sebelah kanan bagian bawah. Gejala yang disebabkan usus buntu lainnya adalah mual, muntah, demam, diare atau sembelit, perut bengkak dan tidak nafsu makan. Namun terdapat juga hal lain dari gejala tersebut di atas, mulai dari kesehatan ringan, berat atau berbasis jenis kelamin tertentu. Perut sebelah nkanan bagian bawah adalah tempat organ lain seperti usus besar, rahim dan sebagainya.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Beberapa Kemungkinan Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

  • Maag

Maag merupakan sakit perut bagian bawah kanan disebabkan oleh masalah pencernaan. Umumnya, rasa sakit diserti oleh gejala asam lambung baik dan perut kembung. Gangguan pencernaan seperti maag ini dapat ditangani  dengan obat yang dijual bebas. Namun jika sakit berlanjut lebih dari dua minggu, maka segera kunjungi dokter.

  • Gas di Perut

Saat makanan tidak dapat dicerna dengan seksama, gas bisa menumpuk di usus. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, sakit perut da kembung. Umumnya, gejala masalah pencernaan ringan ini bisa hilang dalam hitungan jam. Namun jika gejala penyakitnya lebih dari seminggu, dapat menyebabkan perut bagian bawah kanan  sakit, hal ini dapat disebabkan karena intoleransi laktosa atau penyebab serius lainnya.

  • Nyeri Haid

Sakit perut sebelh kanan juga dapat disebabkan oleh nyeri haid. Rasa sakit ini disertai rasa tak nyaman di punggung, kaki, mual dan sakit kepala. Gejalanya pun dapat berlangsung selama beberapa hari sebelum dan selama haid.

  • Batu Ginjal

Pada beberapa kasus, sakit perut sebelah kanan bisa menjadi tanda penyakit batu ginjal. Umunya, gejala yang ditimbulkan adalah sakit hebat di perut bagian bawah, samping selangkangan dan punggung.

Selain nyeri, gejala batu ginjal lainnya yakni ada darah dalam urine kencing terasa sakit, ingin kencing, mual dan muntah.

  • Infeksi Ginjal

Terjadinya infeksi bakteri pada ginjal dapat mempengaruhi system buang air kecil. Gejala infeksi ginjal biasanya sakit di punggung bawah, samping, pangkal paha, sampai perut bagian bawah.  Rasa sakit pada infeksi ginjal tidak sehebat pada batu ginjal, tetapi bisa menyebabkan kerusakan permanen. Gejala lain yang timbul adalah mual, demam, diare dan tidak nafsu makan.

  • Hernia

Hernia adalah bagian tubuh yang mendesak bagian otot atau dinding jaringan yang lemah, sehingga timbul benjolan kecil. Hernia sering mi=uncul di sekitar perut. Pada umumnya masalah ini tidak berbahaya. Tetapi terkadang menimbulkan rasa sakit di sekitar benjolan. Terutama disaat batuk atau mengankat benda berat.

  • Sindrom Iritasi Usus

Sindrom iritasi usus adalah kondisi kronis dari gangguan pencernaan. Penyebabnya belum diketahui dan begitu pun dengan obatnya. Penyakit ini bisa menyebabkan rasa sakit perut sebelah kanan bersama dengan gejala lain seperti kram perut, diare, sembelit dan kembung.

  • Radang Usus

Penyakit radang usus dapat mempengaruhi seluruh system pencernaan. Beberapa gejalanya adalah sakit perut bagian bawah ditambah berat badan turun drastis, lelah, kembung dan diare yang disertai darah.

  • Kista Ovarium

Kista Ovarium merupakan kantong berisi cairan yang terdiri dari kuman yang tumbuh di jaringan indung telur wanita. Pada umumnya kista ovarium tidak berbahaya, namun ukuran yang lebih besar dapat menyebabkan rasa sakit perut sebelah kanan bagian bawah.

Leave a reply "Beberapa Kemungkinan Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan dari yang Ringan Sampai Berat"