Penyebab BAB Bayi Berwarna Hijau – SehatQ

No comment 62 views

Mengamati tumbuh kembang bayi memang sangat mengasikkan. Biasanya setiap minggu, ada saja tuh perubahan yang terjadi pada si kecil yang meliputi perubahan pada bentuk fisik, tingkah laku hingga kondisi kesehatannya. Namun pernahkah bunda mendapati, saat bunda mengganti popok si kecil dan melihat kondisi bab berwarna hijau? Jika pernah! Lantas apa yang bunda rasakan? Pastinya bunda akan panik dong!

Penyebab BAB Bayi Berwarna Hijau

Yah, hampir rata-rata respon orang tua akan merasa panik saat melihat bab si kecil yang berwarna tidak biasa. Akan tetapi perlu bunda ketahui bahwa tidak selamanya bab bayi akan berwarna kuning, terkadang bunda akan menemukan warna lain pada saat si kecil bab. Perubahan ini tentunya bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari perkembangan fisik si kecil hingga kemungkinan adanya penyakit yang menyerangnya.

Pada bayi yang baru lahir memang, pada umumnya bab nya akan berwarna hijau. Seiring semakin bertambahnya usia, bab akan berangsur berwarna kuning. Asupan ASI yang dikonsumsi juga berpengaruh pada perubahan warna bab. Nah, ini memang termasuk wajar dan bukanlah sebuah hal yang mesti bunda khawatirkan. Namun jika bab berwarna hijau muncul secara tiba-tiba dan tidak kunjung normal hingga beberapa hari ke depan, itu berarti bunda harus segera mengambil tindakan untuk pengobatan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi pemicu bab bayi berwarna hijau;

1. Asupan ASI yang Tidak Seimbang

Penyebab yang paling sering terjadi ketika bayi bab berwarna hijau adalah akibat ketidakseimbangan asupan ASI. Seperti yang sudah bunda ketahui, asupan ASI terdiri dari dua, yakni foremilk dan hindmilk. Foremilk adalah ASI yang masih sangat encer, biasanya ini paling bertama dikeluarkan saat bayi menyusu atau ASI di pompa. Sedangkan hindmilk adalah ASI yang lebih kental dan biasanya paling akhir dikeluarkan.

Foremilk kaya akan laktosa, namun mempunyai kandungan kalori yang sangat rendah. Sementara hindmilk saat tinggi kandungan lemaknya. Maka dari itu, jika bayi mengkonsumsi foremilk dalam jumlah yang terlalu banyak, maka ia akan mengeluarkan bab yang berwarna hijau.

2. Susu Formula

BAB berwarna hijau juga sering muncul pada bayi yang diberi susu formula. Kondisi ini biasanya muncul saat bayi diberi susu dengan merek yang berbeda (tidak dari biasanya). Namun bukan berarti semua susu formula menjadi pemicu. Ini kemungkinan lebih disebabkan reaksi alergi atau intoleransi tubuh si kecil terhadap kandungan susu formula, sehingga memicu bab menjadi berwarna hijau. Nah, jika bunda berencana ingin mengganti susu formula untuk si kecil. Dianjurkan untuk melihat kandungan pada kemasannya terlebih dahulu, dan mencocokkannya dengan kandungan susu formula yang sebelumnya. Atau jika masih ragu, konsultasikan pada dokter anak.

3. Infeksi Virus

Kemungkinan terakhir dan yang paling berbahaya ketika bayi bab menjadi warna hijau adalah saat bayi terserang penyakit, terutama virus. Virus terutama yang menjadi penyebab diare, akan membuat bab si kecil berubah menjadi warna hijau. Selain warna, tekstur dan konsistensi bab pun akan cenderung lebih cair.  Bayi juga menjadi lebih sering bab saat tubuhnya terserang oleh virus. Nah, jika sudah sampai seperti itu kondisinya. Bunda harus segera memeriksakan kondisi kesehatan si kecil ke dokter ahli. Agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

Oia, selain ketiga penyebab di atas. Bab yang berwarna hijau juga bisa dipicu oleh makanan saat bayi diberi makan MPASI. Pemberian sayur-sayuran berwarna hijau biasanya yang paling sering memicu tumbulnya perbedaan pada warna bab tersebut.

Leave a reply "Penyebab BAB Bayi Berwarna Hijau – SehatQ"