Mineral dan Vitamin Yang Baik Untuk Tulang dan Sendi

No comment 49 views

Tulang dan sendi merupakan organ bagian dalam manusia yang berguna untuk menegakkan tubuh dan melekatnya tulang. Kemampuannya itu bisa saja berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Nah, coba perhatikan saja, mereka yang mengalami permasalahan tulang dan sendi, umumnya didominasi oleh orang tua. Hal ini dikarenakan tulang dan sendi akan mengalami yang namanya masa osteoporosis dan akan terjadi pada siapa saja. Maka dari itu, untuk mencegahnya, kita dianjurkan untuk konsumsi mineral dan vitamin baik untuk tulang dan sendi sedari dini. Lantas, apa saja vitamin yang dibutuhkan oleh tulang dan sendiri? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

vitamin baik untuk tulang dan sendi

  1. Kalsium

Berbicara tentang kesehatan tulang, pasti tidak akan terlepas dari mineral yang satu ini. Yah, kalsium adalah mineral utama dalamĀ  penyusunan tulang sejak kita masih dalam kandungan. Jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh memang cukup besar. Apalagi dengan semakin bertambahnya usia, maka kebutuhan kalsium juga semakin meningkat.

Kalsium yang kita konsumsi berperan penting dalam pembentukan tulang-tulang baru. Sehingga tulang-tulang lama yang mulai rapuh (keropos) perlahan akan tergantikan dengan tulang-tulang yang baru. Tentu, hal ini tidak akan berjalan sempurna tanpa adanya asupan kalsium. Maka dari itu, sedikitnya 1000 mg kalsium harus terpenuhi setiap harinya, jika Anda ingin menginginkan tulang yang sehat dan kuat.

  1. Vitamin D

Sama halnya dengan kalsium, vitamin D juga sangat erat hubungannya dengan kesehatan tulang. Nah, jika sebelumnya kalsium berperan penting pada penyusunan tulang, maka vitamin D berguna untuk membantu penyerapan kalsium oleh tulang menjadi lebih maksimal. Dengan asupan vitamin D yang cukup, maka kalsium akan lebih mudah diserap dan tulang pun akan lebih cepat dalam melakukan regenerasi.

Menurut jurnal kesehatan yang berlaku, seseorang yang sudah berusia dewasa membutuhkan asupan vitamin D sebanyak 2.000 iU setiap harinya. Dan jumlah tersebut masih bisa berubah tergantung kondisi tubuh setiap orang. Maka dari itu pemberian suplemen berupa vitamin D tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Butuh petunjuk dokter dalam memberikan vitamin D sehingga dosis yang diberikan tepat dan dapat membawa manfaat.

Oia, selain dengan mengkonsumsi suplemen. Vitamin D juga bisa diperoleh dari aktifitas berjemur di matahari pagi. Sebaiknya, aktifitas berjemur dilakukan mulai pukul 9.00 hingga pukul 10.00 wib. Dan jangan lupa tetap konsumsi makanan yang kaya akan vitamin D seperti ikan, hati dan juga keju.

  1. Vitamin K

Asupan selanjutnya adalah vitamin K. Pemberian vitamin K terutama untuk lansia memang sangat direkomendasikan. Vitamin K berperan penting pada kesehatan tulang dan sendi. Terutama dalam memodifikasi protein sehingga membentuk osteocalcin.

Osteocalcin yang terbentuk kemudian akan mengikat mineral dalam tulang, sehingga dapat mencegah hilangnya kalsium dari tulang. Nah! Berdasarkan infomasi yang diperoleh dari sejumlah jurnal, dengan memodifikasi osteocalcin lewat pemberikan vitamin K, maka dapat meningkatkan kepadatan tulang, terlebih pada wanita yang baru menyelesaikan masa menopause-nya. Sehingga dengan begitu resiko pengeroposan tulang dapat diminimalisir.

Leave a reply "Mineral dan Vitamin Yang Baik Untuk Tulang dan Sendi"