Sebab dan Cara Mengatasi Pusing Saat Sedang Hamil

No comment 30 views

Cara mengatasi pusing saat sedang hamil memang suatu hal yang paling sering dipertanyakan. Yah! ini memang umum terjadi, terutama bagi ibu muda yang sedang menjalani trimester pertama kehamilan. Penyebabnya tentu sangat beragam, namun dari sejumlah jurnal yang beredar, kebanyakan pusing yang terjadi saat sedang hamil dipicu oleh meningkatnya hormon yang membuat pembuluh darah menjadi membesar, sehingga menimbulkan rasa pusing bahkan mual.

Mengatasi Pusing Saat Sedang Hamil

Pusing saat sedang hamil memang bukan perkara yang serius. Namun kondisi ini tentu dapat berakibat buruk pada kondisi psikis si ibu. Bagaimana tidak, pusing yang berlangsung terus-menerus dapat mengganggu aktifitas sehari-hari. Bahkan yang lebih parah dapat mengurangi nafsu makan, sehingga tubuh pun menjadi lemas.

Nah! selain itu, rasa pusing juga bisa disebabkan karena berkurangnya asupan zat besi di dalam tubuh, kondisi ini juga sering disebut dengan istilah anemia. Penurunan jumlah sel darah merah memang tidak dapat terhindarkan lagi, apalagi di masa kehamilan. Hal itu dikarenakan janin dalam kandungan harus terus mendapat suplai zat besi untuk tumbuh kembangnya.

Lantas, bagaimana cara yang tepat mengatasi pusing saat sedang hamil? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan;

1.  Segera istirahat

Jika pusing terjadi maka hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk meredakan pusing adalah dengan berbaring dan istirahat. Nah! hal ini bisa sangat membantu untuk mengurangi rasa lemas dan mencegah Anda terjatuh.

Dalam kondisi berbaring, Anda juga perlu mengangkat kedua kaki ke atas. Caranya dengan menempatkan kedua kaki pada dinding atau sandaran tempat tidur. Tujuannya, untuk meningkatkan aliran darah ke otak sehingga dapat mempercepat hilangnya rasa pusing. Dan yang tak kalah penting, saat sedang hamil, upayakan untuk tidak melakukan aktifitas yang berat, terutama saat kondisi tubuh sedang tidak fit.

2. Pastikan perut tidak kosong

Saat hamil, tubuh ibu dan janin membutuhkan asupan nutrisi sepanjang hari. Maka dari itu pastikan tubuh tidak sampai kekurangan nutrisi yang dibutuhkan. Makan dalam porsi yang besar, untuk sekali makan, bukanlah suatu hal yang dianjurkan. Melainkan sebaiknya makan dalam porsi yang kecil namun dengan intensitas yang sering. Anda juga perlu menyiapkan kudapan/camilan, berupa buah-buahan, sehingga perut tidak sampai kosong. Karena perut yang kosong juga menyebabkan pusing.

Oia, hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan soal asupan makanan adalah, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang tinggi protein serta karbohirat kompleks. Karena kedua jenis nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mempertahankan kestabilan kadar gula darah.

3. Minum air putih hangat

Bila kepala mendadak pusing, hal lain yang bisa Anda lakukan adalah segera minum air putih hangat. Sebab kekurangan air putih atau dehidrasi juga dapat membuat kepala pusing. Apalagi saat kondisi hamil, maka kebutuhan air putih biasanya juga akan lebih meningkat.

4. Menghirup udara segar

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi pusing adalah dengan menghirup udara segar di luar rumah. Nah! meskipun sedang dalam kondisi hamil, sebaiknya Anda juga tidak hanya berdiam diri saja di dalam rumah. Sesekali keluarlah dari rumah/ruangan untuk menghirup udara segar. Udara yang segar dapat membantu menjaga keseimbangan pikiran sehingga tubuh Anda menjadi lebih rileks.

Leave a reply "Sebab dan Cara Mengatasi Pusing Saat Sedang Hamil"