Jenis-jenis Investasi Yang Ada di Bank

No comment 59 views

Tahukah Anda, apa itu investasi? Investasi adalah upaya untuk menempatkan sejumlah modal baik berupa uang atau aset berharga, ke dalam suatu benda, lembaga, atau pihak-pihak yang mampu mengolahnya sehingga mendatangkan keuntungan dalam rentang waktu tertentu. Saat ini ada banyak sekali pilihan investasi yang bisa menghasilkan ‘cuan’, mulai dari pasar uang, logam mulia hingga produk-produk yang ada diperbankan. Ke semua itu tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terutama hal-hal yang terkait dengan administrasi yang mungkin berbelit-belit. Namun bila Anda tidak ingin direpotkan dalam mengurus ini itu, maka salah satu pilihan investasi terbaik adalah dengan berinvestasi di bank.

Apa itu Investasi

Nah, sekarang! tahukah Anda apa saja jenis-jenis investasi yang ada di bank?

Untuk Anda yang masih awam mengenai hal ini, berikut adalah informasi selengkapnya;

  1. Tabungan Berjangka

Produk investasi pertama yang ada di bank adalah tabungan berjangka. Nah, bagi Anda yang memiliki dana lebih untuk berinvestasi, dan tidak mau uang Anda terbuang percuma ke hal-hal yang kurang bermanfaat, maka tabungan berjangka bisa menjadi solusi yang tepat.

Mekanisme tabungan berjangka sangat sederhana, siapapun bahkan bisa bergabung didalamnya. Tabungan berjangka menarik dana dalam periode tertentu dari rekening bank Anda, biasanya setiap tanggal 2-3 setiap bulannya. Dana yang terpotong secara otomatis akan masuk ke rekening tabungan berjangka Anda, dan akan terus melakukan penarikan selama setahun atau bahkan puluhan tahun tergantung kesepakatan awal yang Anda buat dengan pihak bank.

Nah, dari yang terkumpul tadi kemudian dikelola oleh pihak. Dan hasil pengelolaannya (berupa profit) akan dibagikan lagi kepada Anda. Investasi ini tentu sangat menguntungkan, apalagi Anda tidak perlu melakukan ini itu untuk menjalankannya. Semua berjalan otomatis, karena dana Anda dikelola oleh pihak bank.

  1. Deposito

Investasi yang ada di bank selanjutnya adalah deposito. Produk ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Mekanime deposito adalah Anda menyimpan sejumlah uang, kemudian mendapatkan bagi hasil dari investasi yang Anda lakukan. Biasanya, keuntungan dari deposito ini tidak ada potongan biaya administrasi lagi. Jadi yang Anda terima adalah keuntungan bersihnya saja. Namun perlu Anda ketahui juga, bahwa selama Anda menaruh uang di deposito, Anda tidak bisa menggunakan/mengambil uang tersebut. Jadi sebelum memutuskan untuk menaruh uang di deposito, pastikan bahwa dana yang Anda gunakan adalah bukan dana utama untuk pengeluaran harian. Sebab, bila ditengah jalan Anda ingin berhenti dan menarik dana Anda, maka ada biaya pinalti yang harus Anda bayar.

Deposito memberikan keuntungan yang tidak begitu besar, hanya saja itu masih biasa disiasati dengan menambah jumlah dana yang akan di depositokan. Setiap bank memiliki aturan tersendiri terkait pemberian bunga deposito. Namun biasanya, bunga yang diberikan sebesar 4-5% persen pertahun.

Leave a reply "Jenis-jenis Investasi Yang Ada di Bank"