Ciri Pencernaan Anak Sehat dan Cara Menjaganya

No comment 486 views
Usus dan pencernaan anak sehat

 

Memiliki anak yang sehat tentunya adalah keinginan semua orang tua. Namun seringkali kesehatan pencernaan anak tidak banyak mendapat perhatian. Fakta membuktikan bahwa saluran cerna berperan sangat penting bagi kesehatan. Untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak, kesehatan saluran cerna juga penting diperhatikan. Ini karena saluran cerna sehat mempengaruhi kualitas penyerapan zat gizi anak dari makanan, kecerdasan otak, dan sistem imunitas.

Ada beberapa ciri usus dan pencernaan anak sehat, diantaranya.

1. Penyerapan gizi dari makanan pada anak terserap terserap sempurna.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh anak akan diolah mulai mulut sampai usus. Pada proses ini, tubuh anak akan menyerap zat-zat gizinya.

2. Proses buang air besar lancar dan anak tidak muntah

Jika proses pergerakan mulut ke usus lancar, serta proses pengeluaran lancar. Maka itu termasuk ciri-ciri saluran cerna sehat.

3. Memiliki kekebalan tubuh yang kuat

Anak yang memiliki saluran cerna apotek sehat, maka dia tidak mudah sakit. itu karena dia memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Penyebabnya adalah di sepanjang saluran pencernaan terdapat sel-sel lendir yang berfungsi untuk melawan kuman yang masuk lewat makanan.

4. Memiliki keseimbangan mikrobiota yang baik dan yang jahat

Untuk itu, sebagai orang tua harus mengetahui cara menjaga saluran pencernaan pada anak. Yang pertama adalah memperhatikan nutrisi pada anak harus sesuai dengan usianya. Untuk bayi di bawah enam bulan, ASI merupakan makanan terbaik. Namun jika tidak ada, susu formula bisa digunakan sebagai pengganti. Jangan terlalu cepat memberikan makanan padat atau semi padat. Karena saluran cernanya belum sehat.

Selain pemilihan jenis nutrisi yang tepat, sebagai orang tua harus memperhatikan kebersihan. Perhatikan cara memasak yang benar.

Menjaga saluran cerna pada anak merupakan kewajiban orang tua. Karena ketika terjadi sesuatu pada saluran pencernaannya, maka akan timbul beberapa penyakit. Diantaranya kolik, sembelit (susah BAB), dan diserang dengan gangguan regurgitasi (gumoh). Ketiga gangguan tersebut sama-sama ditandai dengan tangisan yang berlebih pada anak. Namun sebelum itu terjadi lebih parah, belikan obat tapi harus sesuai dengan resep dokter. Anda tidak perlu khawatir, karena sekarang ada apotek 24 jam yang bisa membantu orang tua.

Leave a reply "Ciri Pencernaan Anak Sehat dan Cara Menjaganya"