Cara Mudah Merawat Tanaman Lithops Yang Unik dan Cantik

No comment 39 views

Belakangan ini mengoleksi tanaman hias kembali menjadi tren, terutama semenjak pandemi masuk ke Indonesia. Selain bisa mempercantik rumah mengurus tanaman hias ini juga dapat menambah kegiatan baru yang bisa kita lakukan selama berkegiatan dirumah saja. Dari beberapa jenis tanaman hias yang sedang hits saat ini, ternyata ada satu jenis tanaman hias unik yang tidak kalah diminati.

Merawat Tanaman Lithops

Tanaman hias tersebut tidak lain adalah Lithops yang merupakan tanaman hias yang berbentuk seperti batu hidup. Lithops sendiri merupakan tanaman hias yang berasal dari Afrika Selatan. Di Indonesia Lithops ini lenih dikenal sebagai “batu hidup” karena memang bentuk tanaman ini menyerupai batu. Namun meski berbentuk seperti batu bunga yang tumbuh di tanaman ini tetap cantik bahkan beraroma sedap.

Lithops ini cocok menjadi tanaman hias didalam rumah karena selain bentuknya yang cantik Lithops juga tidak memerlukan perawatan yang sulit. Bahkan Lithops ini juga tetap bisa bertahan meski hanya disiram 1x seminggu karena memang karakteristik tanaman ini mirip dengan kaktus yang bisa bertahan dan menyimpan air dibalik daunnya yang tebal. Namun sayangnya harga tanaman satu ini memang cukup mahal.

Maka dari itu agar uang yang anda keluarkan untuk membeli tanaman Lithops ini tidak sia – sia. Berikut ini terdapat tips and trick agar tanaman Lithops ini bisa tumbuh lama dan tetap terlihat cantik.

  1. Pastikan tanaman terkena sinar matahari yang cukup

Dikarenakan tanaman Lithops ini merupakan tanaman yang biasa tumbuh di tempat gersang maka anda harus memastikan bahwa tanaman ini cukup terkena sinar matahari. Sebaiknya anda menyimpan tanaman ini dibawah sinar matahari selama kurang lebih 4 – 5 jam dalam sehari. Setelah itu anda bisa meletakan tanaman ini kembali di tempat yang teduh.

Cara termudah lainnya agar anda tidak perlu repot memindahkan tanaman Lithops ini yaitu dengan menyimpannya di dekat jendela. Sehingga meski didalam ruangan tanaman bisa tetap terkena paparan sinar matahari.

  1. Letakan tanaman pada temperatur normal

Meski Lithops ini merupakan tanaman asal Afrika yang memiliki suhu yang cukup tinggi. Nyatanya jika disimpan dibawah suhu yang terlalu tinggi Lithops cenderung mudah kering dan layu. Jadi sebaiknya simpan tanaman ini ditempat yang bersuhu ruangan normal sekitar 25 – 30 derajat celcius. Sesuaikan suhu ruangan agar tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas.

  1. Melakukan penyiraman dengan benar

Karena tanaman Lithops ini merupakan tanaman asli Afrika dan terbiasa hidup di daerah yang kering, jadi ketahanan Lithops ini lebih dari jenis tanaman lainnya. Sebaiknya anda cukup menyiram tanaman ini sekitar 2 – 3x seminggu dengan cara disemprot kedalam tanahnya. Jangan terlalu sering menyiram tanaman ini karena bisa membuat akarnya basah dan tanaman menjadi lebih cepat busuk.

  1. Melakukan Potting dan Repotting

Media terbaik yang digunakan untuk menanam tanaman Lithops ini merupakan media yang kering seperti pasir, kerikil, dan arang sekal. Jangan gunakan media tanah yang lembap karena itu akan membuat tanaman ini tumbuh tidak maksimal dan cepat membusuk.

  1. Jangan gunakan pupuk kandang

Berbeda dengan tanaman lain yang jadi subur jika diberi pupuk kandang, maka tanaman Lithops ini justru sebaliknya. Itu karena pupuk kandang mampu menyerap air yang ada didalam tanaman, tentu hal tersebut akan berpengaruh buruk pada tanaman Lithops dan membuat tanaman ini cepat kering dan busuk.

Leave a reply "Cara Mudah Merawat Tanaman Lithops Yang Unik dan Cantik"