Wow, Penyanyi Amerika Danielle Desiree Rilis Lagu Dangdut Berjudul ‘Kinyis Kinyis’

Danielle Desiree - Kinyis Kinyis

Musik dangdut khas Indonesia ternyata semakin digemari di negeri Paman Sam. Buktinya baru-baru ini, seorang penyanyi wanita asal Amerika Serikat bernama Danielle Disiree, merilis sebuah lagu dangdut berjudul Kinyis-Kinyis yang di unggah melalui situs berbagi video Youtube.

Dilansir dari Kumparan.com (25/07/2017), semua bermula dari Festival Dangdut Indonesia-Amerika yang digelar di Wilmington, Delaware, awal September tahun lalu.

Sejumlah musisi lokal ikut dalam kemeriahan tersebut. Reggie, musisi yang biasanya membawakan lagu R&B, begitu bersemangat menyanyikan lagu ‘Milikku’ yang dipopulerkan A Rafiq. Dia sudah setahun terakhir menekuni musik dangdut dan belajar artikulasi lirik serta maknanya.

Ada juga pedangdut lain bernama Biba yang menghentak panggung dengan lagu ‘Alamat Palsu’ dari Ayu Ting Ting. Wanita berambut pirang asal Pensylvania itu cukup fasih berbahasa Indonesia karena pernah mengajar bahasa Inggris di Lampung.

“Saya suka suara Ayu Ting Ting. Dia mempunyai suara tinggi yang bagus,” katanya seperti dilansir voaindonesia.

Festival Dangdut Indonesia-Amerika itu digagas oleh promotor Dangdut in America, Rissa Asnan dari NSR Entertainment. Dia juga baru mengorbitkan musisi-musisi Amerika yang menyanyikan lagu dangdut.

Rissa mengenalkan penyanyi yang berasal dari Delaware, Danielle Desiree, pada lagu dangdut dan lirik yang dibuat oleh timnya. Penyanyi berambut pirang itu terkesan dengan nuansa musiknya, lalu belajar bagaimana menyanyikan lagu dangdut dengan bahasa Indonesia.

Hasilnya, keluarlah lagu berjudul ‘Kinyis Kinyis’ yang dia nyanyikan bersama Reign da God. Lirik lagu itu diciptakan oleh Sandy Sulung dan bercerita tentang hubungan cinta dengan lelaki yang lebih muda.

Sesuai dengan ciri khas lagu dangdut, melodi gitar, bass dan elemen elektronik yang sering terdengar di kafe-kafe di sepanjang jalur Pantura, juga terasa di lagu ‘Kinyis Kinyis’. Tapi NSR Entertainment memberikan sentuhan elektronik modern serta bagian rap yang dilantunkan Reign da God.

Musisi lainnya yang diberikan kesempatan merilis lagu dangdut adalah Farees Kaleemah dan L.A.S. Dari luar mereka terlihat segahar Tupac Shakur atau Notorious B.I.G. Mereka tak berusaha mengubah dandanan seperti A Rafiq atau Rhoma Irama si Raja Dangdut.

Farees dan L.A.S menyanyikan lagu berjudul ‘Indonesian Girl’ ciptaan Arief Iskandar dengan bahasa Inggris. Tak seperti lagu ‘Kinyis Kinyis’ Danielle Desiree yang ‘dangdut banget’, lagu ‘Indonesian Girl’ terasa lebih modern dengan musikalitas yang lebih kaya dengan perpaduan R&B, dangdut, dan reggae.

Tapi kalau kamu mau bergoyang, rasakan saja hentakan gendangnya! Hobbaaaah!