Tips Mengelola Keuangan untuk Bisnis

No comment 51 views

Akuntansi UKM

Akuntansi UKM juga diperlukan meskipun UKM memang usaha yang berskala kecil. Akuntansi berperan penting dalam kemajuan bisnis karena bisnis yang memiliki pengelolaan keuangan lebih sering mengalami kerugian. Berikut ini tips-tips mengelola keuangan untuk bisnis yang menguntungkan.

Tips-Tips Mengelola Keuangan dengan Tepat

1. Memisahkan kebutuhan pribadi dan bisnis

Tips pertama dalam mengelola Akuntansi UKM yaitu dengan memisahkan kebutuhan pribadi dan bisnis. Ketika bisnis telah terdaftar secara legal, Anda membutuhkan tempat atau wadah baru untuk menyimpan pemasukan bisnis. Alangkah baiknya memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis. Hal tersebut untuk menghindari penggunaan uang berlebih dalam rekening untuk kebutuhan pribadi.

2. Melacak pengeluaran secara menyeluruh.

Mengelola akuntansi dalam sebuah bisnis meliputi melacak pengeluaran secara efektif dan menyeluruh. Hal tersebut untuk membantu pemilik usaha agar mengetahui pertumbuhan bisnis, membangun laporan finansial, pajak, dan lain-lain. Meskipun bisnis yang dikerjakan masih kecil, sebaiknya sudah menentukan sistem dalam mengorganisasi tanda terima dan dokumen penting.

3. Mempertimbangankan rekrutmen karyawan

Tips selanjutnya yaitu dengan mempertimbangkan rekrutmen karyawan. Sebelum merekrut karyawan, Anda harus memperhitungkan jumlah upah, bonus lembur, keuntungan dan sebagainya. hal tersebut akan membantu Anda mengetahui apakah ada dana yang tersisa atau justru banyak dana yang keluar. Memperhitungkan semua dari awal akan membuat Anda berhati-hati dalam mengambil keputusan.

4. Menentukan bagaimana menerima pembayaran

Ketika bisnis mulai melakukan penjualan, pemilik bisnis harus menentukan terlebih dahulu model penerimaan pembayaran. Jika Anda tidak mengecek laporan keuangan secara benar, maka pembayaran akan mundur berbulan-bulan.Pastikan bahwa Anda telah melakukan pemeriksaan terhadap deadline pembayaran secara rutin.

5. Mengembangkan sistem pembukuan

Pembukuan merupakan proses merekam seluruh transaksi baik dalam kategori maupun mencocokan dengan laporan bank. Sistem pembukuan secara manual kini sudah tidak ada lagi. Antara kelemahan dan kelebihan, sistem pembukuan secara manual lebih banyak kelemahannya. Oleh karena itu, dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, kini telah hadir aplikasi akuntansi termasuk Buku Kredit Digital.

Meskipun bisnis yang dijalani masih kecil, alangkah baiknya jika dalam mengelola keuangan menggunakan aplikasi akuntansi. Di dalam aplikasi terdapat berbagai fitur menarik yang akan akan membantu mempermudah pengelolaan keuangan Anda.

BukuKas merupakan aplikasi keuangan gratis yang dapat Anda install di Android maupun iOS Anda. Meskipun gratis, namun jangan khawatir mengenai kualitasnya karena memiliki banyak fitur menarik untuk memudahkan perhitungan dalam pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Pengelolaan Akuntansi UKM akan lebih mudah dan cepat dengan menggunakan BukuKas. Tampilan yang simple membuat siapapun dapat menggunakannya. Dengan adanya aplikasi gratis ini, pemilik usaha tidak perlu lagi mempekerjakan karyawan dalam bidang akuntan. Karena pemilik usaha bisa mengelola keuangannya sendiri dengan mudah dan tepat.

 

Leave a reply "Tips Mengelola Keuangan untuk Bisnis"