Tips Memilih Shampoo untuk Mengatasi Rambut Kering dan Rusak

shampoo untuk rambut kering

Perawatan rambut kering dan rusak memang tidak hanya cukup dilakukan dengan menggunakan shampoo saja. Ada hal-hal lain yang harus diperhatikan selain dengan penggunaan shampoo untuk rambut kering dan rusak. Misalnya tentang bagaimana cara pemilihan shampoo yang sesuai dengan karakter rambut Anda. Sebab, bila tidak sesuai dengan perhitungan, alih-alih bisa mengatasi rambut kering dan rusak, malah Shampoo yang digunakan justru dapat memperparah kondisi rambut.

Nah, agar Anda tidak salah pilih saat membeli shampoo untuk mengatasi masalah rambut kering dan rusak. Berikut ini ada beberapa tips yang sebaiknya Anda perhatikan.

1. Ketahui Karakter Rambut dan Kulit kepala  kamu

Seperti yang sudah di bahas di awal, pada dasarnya setiap orang memiliki karakter rambut dan kulit kepala yang berbeda-beda. Hal ini penting Anda ketahui agar bisa menentukan Shampoo mana yang bisa Anda gunakan atau tidak, sehingga nantinya turut menentukan hasil setelah pemakaian shampoo. Meskipun kebanyakan shampoo bisa digunakan untuk membersihkan kulit kepala dan rambut, namun tidak semua shampoo cocok dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk kulit kepala dan rambut.

Adapun karakter/jenis rambut terdiri dari:

  • Rambut Normal: Ini merupakan karakter rambut yang ideal, dimana rambut tidak mengalami kekurangan ataupun ¬†kelebihan minyak (sebum). Keadaan rambut juga tidak kering dan cenderung lebih halus.
  • Rambut Berminyak: Keberadaan minyak alami rambut (sebum) memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan rambut dari kekeringan. Namun jika sebum pada rambut terlalu berlebih, justru menjadi tidak baik. Sebab dapat membuat rambut menjadi lepek hingga menimbulkan kerontokan.
  • Rambut Kering: Kondisi rambut seperti ini memang sangat menjengkelkan. Rambut yang kering merupakan pertanda bahwa rambut telah kehilangan kelebapan alaminya (berkurangnya sebum). Kondisi yang demikian akan memicu terjadinya kerusakan rambut, hingga yang paling buruk bisa menyebabkan terjadinya rambot rontok dan pecah-pecah.

2. Sesuaikan dengan Gaya Rambut

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan saat memilih shampoo adalah dengan menyesuaikannya pada gaya rambut yang akan Anda terapkan. Tentunya setiap orang memiliki gaya rambut yang berbeda-beda. Jadi shampoo yang sama sekali pun belum tentu memberikan hasil yang sama pada gaya rambut yang lainnya. Misalnya, saat Anda memilih gaya rambut Bobo atau rambut lurus, maka sebaiknya Anda memilih shampoo yang bisa meningkat volume rambut Anda. Penggunaan shampoo yang mengandung bahan volumizing, akan memenuhi kebutuhan nutrisi rambut sehingga akan terlihat lebih mengembang dan tidak kuyup.

3. Gunakan shampoo dengan kandungan bahan alami

Untuk mengatasi masalah rambut rontok maupun rusak, sebaiknya selalu gunakan cara-cara alami seperti dengan menggunakan shampoo yang kandungan utamanya terbuat dari bahan alami. Penggunaan shampoo yang terbuat dari bahan alami jelas lebih aman untuk mengembalikan kondisi rambut seperti semula. Sebaliknya jika menggunakan shampoo dari bahan kimia, justru akan memperparah kondisi rambut atau bahkan bisa mempercepat kerusakan paad rambut. Tak hanya itu saja, kandungan kimia yang berlebih pada shampoo juga bisa mengundang terjadinya alergi. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah shampoo yang mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak buah pisang, atau shea butter, minyak zaitun, minyak argan, dan minyak kelapa.

4. Gunakan Kondisioner

Rambut yang kering menandakan bahwa rambut kekurangan nutrisi. Selain penggunaan shampoo, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi rambut bisa juga menggunakan kondisioner. Kondisioner berperan penting untuk menyeimbangkan kondisi rambut. Jadi, dengan kata lain, kondisioner dapat melembabkan kulit kepala dan rambut serta mengembalikan kilau alami rambut.

Leave a reply "Tips Memilih Shampoo untuk Mengatasi Rambut Kering dan Rusak"