Tempat Wisata Unggulan di Kawasan Kaliurang, Yogyakarta

Tempat Wisata Kaliurang Yogyakarta

Yogyakarta sudah lama dikenal memiliki potensi yang besar sebagai tujuan wisata, banyak tempat-tempat wisata alam yang sangat terkenal berada di kawasan ini. Salah satunya adalah Taman Wisata kaliurang Yogyakarta. Taman wisata ini merupakan tempat wisata yang sangat terkenal di Jogja, Kaliurang. Lokasinya berada di ketinggian 900 meter dari permukaan laut. Perjalanan menuju Kaliurang dari arah Jogja, Anda akan melihat pemandangan yang sangat indah yaitu sebuah gunung dengan jalan di tengahnya serta hamparan hijau yang membentang di kedua sisinya dengan dihiasi rumah penduduk, akan menghilangkan rasa lelah Anda.

Pemandangan Gunung Merapi memberikan sensasi tersendiri di kawasan ini. Menyusuri sisi Bukit Plawangan sejauh 1100 meter, menempuh perjalanan lintas alam, melalui jalan yang diapit pepohonan dan lereng rimbun. Di sini juga terdapat deretan 22 gua peninggalan Jepang yang menjadi salah satu keunikan wisata alam Kaliurang.

Keindahan Tempat Wisata kaliurang Yogyakarta juga memiliki beberapa bengunan peninggalan sejarah. Diantaranya adalah Wisma Kaliurang dan Pesangrahan Dalem Ngeksigondo milik Kraton yang pernah dipakai sebagai tempat berlangsungnya Komisi Tiga Negara. Atau Museum Ullen Sentalu yang sebagian bangunannya berada di bawah tanah. Musium ini menguak misteri kebudayaan dan nilai-nilai sejarah, terutama yang berhubungan dengan putri Kraton Yogyakarta dan Surakarta pada abad ke-19.

Tempat ini berjarak 28 kilometer dari pusat Yogyakarta, Kaliurang kini menjadi sebuah kawasan wisata alam dan budaya yang memikat, serta menjadi tempat yang menyenagkan untuk rekreasi keluarga.

Ditaman Rekreasi Kaliurang, sangat cocok digunakan bersantai bersama keluarga, orang tua bisa bersantai sambil mengawasi anak-anak bermain di Taman Rekreasi Kaliurang. Di dalam taman seluas 10.000 meter persegi anak-anak bisa bermain ayunan, perosotan, atau berenang di kolam renang mini. Selain itu di taman yang dihiasi oleh patung jin ala kisah 1001 malam dan beberapa jenis hewan ini, anak-anak juga bisa bermain mini car atau memasuki mulut patung seekor naga yang membentuk lorong kecil dan berakhir di bagian ekornya.

Tempat Wisata Kaliurang Yogyakarta

Sekitar 300 meter ke arah timur laut dari taman rekreasi terdapat Taman Wisata Plawangan Turgo. Di kawasan taman wisata ini terdapat kolam renang Tlogo Putri yang airnya berasal dari mata air di lereng Bukit Plawangan.

Saat Anda melangkahkan kaki menyusuri sisi timur, Anda akan melihat beberapa ekor monyet yang berloncatan dan berayun di dahan, menikmati kicau burung di jalur berbatu susun dan tangga beruduk di jalan menanjak sejauh 900 meter, hal ini mugkin akan sedikit melelehkan, namun pemandangan Gunung Merapi di saat cuaca cerah Bukit Pronojiwo, akan menggantikan rasa lelah Anda.

Tempat Wisata Kaliurang Yogyakarta

Setelah Anda kembali di lokasi taman bermain, bersantailah sejenak di Tlogo Muncar. Meredakan letih sambil menikmati air yang terjun di sela-sela bebatuan. Biasanya air akan mengalir dengan deras di musim penghujan. Hamparan hijau di kaki gunung, udara sejuk dan segala paket kemewahan alamnya, akan meredakan segala kepenatan dan memberikan kesegaran dari hiuk piluknya perkotaan.

Leave a reply "Tempat Wisata Unggulan di Kawasan Kaliurang, Yogyakarta"