Tempat Wisata Menarik dan Eksotis di Kota Solo

No comment 41 views

Kota solo kini menjadi kota yang memiliki beragam jenis aternatif untuk berlibur. Selain memiliki banyak referensi liburan yang menarik dan unik. Kota solo menjadi salah satu pusat perhatian bagi kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan asing dengan memusatkan tujuan utamanya adalah masuk ke dalam keraton solo yang hingga saat ini selalu ramai di kunjungi, terlebih jika memasuki musim liburan atau akhir pekan. Namun tidak hanya keraton solo saja yang dapat anda kunjungi saat ada di kota solo. Karena ada beberapa tempat wisata menarik dan eksotis di kota solo yang dapat anda kunjungi yaitu;

tempat wisata menarik dan eksotis di kota solo<

Pandawa Water World

Pandawa Water World Solo adalah salah satu obyek wisata di kota Solo yang cukup modern. Tempat wisata di Solo ini tawarkan wisata hiburan serta permainan berbentuk taman hiburan tematik yang mengambil topik Pandawa, yakni lima kesatria dari cerita narasi Mahabharata. Serta sebagai taman wisata air, Pandawa Water World Solo mempunyai fasilitas beragam jenis permainan air yang cukup lengkap diantaranya kolam renang anak serta dewasa, kolam ombak, perosotan, layanan spa, sungai buatan, kafe, serta lain sebagainya. Tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung yang akan menghabiskan liburan seru di Kota Solo. Lokasinya berada di Jl. Cernara Raya Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia.

Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur yaitu satu waduk yang terdapat 3 km di selatan Kota kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah. Perairan danau buatan ini di buat dengan membendung sungai terpanjang di pulau Jawa yakni sungai Bengawan Solo. Mulai di bangun pada akhir tahun 1970-an serta mulai beroperasi pada tahun 1978. Waduk dengan lokasi seluas kira-kira 8800 ha di 7 kecamatan ini dapat mengairi sawah seluas 23600 ha di daerah Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Sragen. Tidak hanya untuk memasok air minum Kota Wonogiri juga membuahkan listrik dari PLTAsebesar 12, 4 MegaWatt. Untuk membangun waduk ini pemerintah memindahkan masyarakat yang tergusur perairan waduk dengan transmigrasi bedol desa ke Sitiung, wilayah Propinsi Sumatera Barat. Waduk ini direncanakan dapat berusia hingga 100 tahun.

Tetapi, sedimentasi yang terjadi mengakibatkan usia waduk ini diprediksikan akan tidak lama. Perum Layanan Tirta Bengawan Solo kewalahan untuk melakukan perawatan pada Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri sebagai tugasnya. Rusaknya daerah aliran sungai (DAS) yang kronis mengakibatkan sedimentasi waduk begitu tinggiWaduk Gajah Mungkur juga adalah tempat rekreasi yang begitu indah. Disini ada kapal boat untuk mengelilingi perairan, sebagai tempat memancing. Selain itu dapat juga menikmati olah raga layang gantung (Gantole). Ada juga taman rekreasi ” Sendang ” yang terdapat 6 km arah selatan Kota Wonogiri. Pada musim kemarau, debet air waduk akan kecil serta sebagian dari dasar waduk terlihat. Dasar waduk yang di pinggir digunakan oleh orang-orang setempat untuk menanami tanaman semusim, seperti jagung.

Galabo Solo

Galabo yaitu salah satu wisata di Solo yang memberikan bermacam jenis makanan atau kuliner khas Solo. Galabo adalah salah satu pusat makanan yang terbagi dalam singkatan Gladak Langen Bogan. Tempat ini terdapat di lokasi Gladak sebagai pusat kota. Anda dapat menikmati tempat ini setiap malam tetapi untuk akhir pekan umumnya benar-benar sangat ramai. Anda dapat menikmati bermacam jenis sajian masakan seperti sate, gule kambing, nasi hik serta beraneka jenis hidangan lain. Bahkan juga sebagian kuliner populer di Solo dapat Anda cicipi disini.

Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka adalah salah satu museum tertua yang ada di Indonesia. Didalam museum ini banyak menyimpan benda-benda yang terkait dengan Kota Solo dan peninggalan Keraton Mataram. Salah satu koleksi yang cukup populer yaitu koleksi berbentuk porselen yang disebut hadiah dari Napoleon Bonaparte pada Sri Susuhunan Paku Buwono IV. Tetapi sayangnya museum ini pernah alami cerita tidak baik yakni berupa pencurian benda-benda koleksi yang dilakukan oleh oknum keluarga kerajaan Surakarta. Tetapi masalah ini sudah diselesaikan oleh kepolisian. Hal tersebut memperlihatkan kurangnya kita dalam menghormati histori negeri sendiri.

Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran didirikan oleh Raden Mas Said yang dikenal sebagai Pangeran Samber Nyawa yang di bangun pada tahun 1757. setelah penandatanganan Perundingan Salatiga pada tanggal 13 Maret. Raden Mas Said lalu menjadi Pangeran Mangkoe Nagoro I. Istana Mangkunegaran terbagi dalam dua bagian paling utama : pendopo serta dalam yang diapit oleh rumah keluarga raja. Hal yang menarik yaitu seluruh istana di buat dari kayu jati yang bulat/utub. PENDOPO yaitu Joglo dengan empat saka guru (tiang paling utama) yang dipakai untuk resepsi serta pementasan tari tradisional Jawa. Ada seperangkat gamelan yang dinamakan Kyai Kanyut Mesem. Gamelan yang sebagaian besar masih tetap lengkap ini dimainkan pada hari-hari khusus untuk menemani latihan tarian tradisional. Didalam ada Pringgitan, ruangan di mana keluarga terima pejabat. Ruang ini dapat dipakai untuk mementaskan wayang kulit. Didalam pringitan, terdapat banyak lukisan karya Basuki Abdullah, pelukis kenamaan Solo.

Dalem juga dipakai untuk memajang beragam koleksi barang peninggalan bernilai yang bernilai seni serta histori yang tinggi. Ada koleksi topeng-topeng tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, kitab-kitab kuno dari zaman Majapahit serta Mataram, koleksi beraneka perhiasan emas serta koleksi sebagian potret Mangkunegoro. Pura Mangkunegaran juga mempunyai perpustakaan yang disebut Rekso Pustoko. Koleksi topeng tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jogjakarta, Madura, Cirebon,serta Bali. Sebagian koleksi topeng dari China. Pengunjung bisa mendapatkan beragam souvenir serta cinderamata di Pare Anom art shop.