Tempat Wisata di Kota Solo yang Menarik Untuk Di Kunjungi

Kota solo seperti yang kita telah kenal merupakan salah satu kota dengan nuansa budaya yang masih sangat kental dan merupakan tanah kelahiran Presiden RI bapak Joko Widodo. Bagi anda yang telah singgah di kota ini, namun belum sempat berkunjung ke salah satu tempat wisata menarik yang ada di kota solo. Ini saatnya anda menyimak secara lengkap dan terperinci untuk mencari tempat wisata di kota solo yang menarik untuk di kunjungi. Langsung saja berikut ini ulasan singkatnya;

tempat wisata di kota solo

Grojogan Sewu

Wisata alam ini yaitu wisata alam paling populer di Solo. Panorama indah dan udaranya yang sejuk membuat tempat ini sebagai tujuan paling utama untuk beberapa pengunjung untuk berakhir pekan bersama orang paling dekat. Terlebih disana banyak penginapan, villa, restoran, dan sarana yang lain. Di sekitar air terjun ada banyak kera liar. Dan di sekitar air terjun anda jugabisa menikmati sate kelinci yang dijajakan disana. Yang membuat air terjun ini terasa unik yaitu ada tradisi upacara Dukhutan, Mondosiyo, Suryo Jawi serta bisa diabadikan dengan kamera. Tempatnya ada di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten karanganyar, Solo. Untuk Jam buka setiap hari dari Senin – Minggu pada jam 08. 00 – 17. 00 WIB. Harga ticket masuk untuk turis lokal sebesar Rp. 6. 000/orang. Sedang harga ticket masuk untuk turis mancanegara Rp. 19. 000/orang.

Pasar Klewer

Pasar Klewer yaitu pasar batik paling besar di Indonesia, jadi begitu disayangkan apabila dilewatkan, terlebih untuk beberapa penggemar belanja baik sebagai oleh-oleh khas batik khas Solo. Dari mulai batik cap katun seharga belasan ribu, sampai batik tulis sutra seharga jutaan rupiah ada di sini. Pasar Klewer tidak hanya sebagai pusat perekonomian saja tetapi juga tujuan wisata berbelanja. Pasar klewer dirintis pada saat penjajahan Jepang, di mana banyak penjajakan kain serta baju melalui cara digantung di pundak, dikarenakan dagangannya menjuntai tidak teratur atau ” kleweran “. Dari kata kleweran itu nama Pasar Klewer di ambil. Pasar Klewer ini terdapat di samping barat gapura Keraton Kasunanan Surakarta dan samping selatan Masjid Agung. Tidak hanya pedagang kain, di sekitar Pasar Klewer juga ada penjual makanan yang khas yang juga jadi tujuan wisata kuliner.

Museum Batik Danar Hadi Solo

Solo memang populer dengan batik sebagai salah satu sisi sejarahnya. Hal semacam ini dapat Anda saksikan dari Museum Batik Danar Hadi. Produsen batik ini menjadi salah satu penghasil batik paling populer serta sudah membuka toko dan butiknya di beberapa kota di Indonesia. Museum ini melukiskan beragam histori panjang awal batik di Indonesia. Anda dapat juga nikmati beragam koleksi batik dengan nilai histori yang begitu unik. Beragam motif serta ciri khas memang tampak begitu indah. Selepas Anda letih memutari museum maka Anda dapat belanja beragam model baju yang ada di outlet.

Pura Mangkunegaran

Kerajaan Mataram yang terpecah jadi dua yakni Kesultanan Yogyakarta serta Kasunanan Surakarta menjadi awal dari beragam perpecahan di kerajaan di Jawa ini. Kasunanan Surakarta selanjutnya juga alami perpecahan dengan berdirinya Praja Mangkunegaran yang disebut kerajaan kecil dari sisi Kasunanan Surakarta dengan rajanya Mangkunegoro. Pura atau keraton kecil ini begitu menarik juga untuk dikunjungi saat berlibur ke Kota Solo. Dikarenakan seperti Keraton Solo, Pura Mangkunegaran ini juga mempunyai arsitektur bangunan yang begitu menarik dengan arsitektur khas jawa kuno yang masih tetap terpelihara dengan baik. meskipun ukurannya tambah lebih kecil dari Keraton Solo, tetapi obyek wisata di Solo ini dapat jadi salah satu tempat tujuan wisata yang harus dikunjungi dikarenakan keindahannya.

Museum Purbakala Sangiran

Sangiran sudah diputuskan UNESCO sebagai salah satu World Heritage Site. Disitus ini diketemukan beberapa ribu fosil yang jumlahnya nyaris 1/2 dari semua fosil manusia purba didunia. Museum ini ada di daerah Sangiran yang di kenal dengan sebutan ” Kubah Sangiran “, lokasi ini adalah tempat situs yang memiliki kandungan banyak fosil mulai fosil manusia purba beserta peralatannya, hewan-hewan purba ataupun tumbuh-tumbuhan yang hidup pada saat itu. Dengan cara stratigrafis situs ini adalah situs manusia purba terlengkap di Asia yang kehidupannya bisa diliat dengan cara berurutan serta tanpa terputus mulai sejak 2 juta tahun yang lalu yakni mulai sejak Saat Pliosen Akhir sampai akhir Pleistosen Tengah. Ke Sangiran seakan anda dibawa kembali pada saat beberapa ribu tahun lalu.