Sebelum Berwisata, Hal Ini Wajib Sekali untuk Anda Lakukan

Wisata

 

Hari libur memang menjadi hari yang paling ditunggu oleh seluruh masyarakat di negara mana pun karena mereka terbebas dari pekerjaan dan menghabiskan waktu untuk bersenang-senang dengan teman mau pun keluarga mereka. Hal ini juga berlaku di Indonesia. Tidak perlu menunggu adanya libur panjang dari beberapa hari raya dunia, namun jika ada long weekend, biasanya kesempatan tersebut tidak boleh sampai mubadzir dan harus dilakukan untuk berlibur bersama keluarga dan juga teman. Namun sebelum pergi berlibur, Anda tentu harus melakukan beberapa hal seperti membeli tiket, menyiapkan barang bawaan, dan lain sebagainya. Disamping itu, ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan sebelum pergi liburan. Berikut ini adalah hal yang wajib Anda lakukan sebelum berlibur:

1. Survey Lokasi

Sebelum pergi liburan, Anda tentunya harus mengetahui tempat mana yang akan Anda kunjungi serta mengetahui di tempat tersebut tersedia apa saja dan apa yang bisa dilakukan disana. Selain itu, Anda juga harus melihat apakah tempat tersebut cocok untuk menghabiskan waktu liburan dengan teman atau keluarga. Anda bisa mendapatkan informasi tempat tersebut dengan membaca buku, artikel wisata, internet, agen travel, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya tidak akan membuat Anda kebingungan ketika sudah sampai ditempat tersebut dan bisa menghabiskan waktu dengan baik.

2. Pesan dari Jauh Hari

Meski tidak menunggu adanya hari libur yang panjang, namun Anda juga tetap harus merencanakan liburan tersebut dari jauh hari. Hal ini dikarenakan agar Anda bisa merencanakan segalanya dengan lebih matang serta dapat mendapatkan tiket transportasi dengan mudah dan dengan harga yang lebih murah. Jika membeli dalam waktu yang dekat dengan keberangkatan, maka biasanya harganya akan membengkak. Akan lebih baik jika memesan dari jauh hari agar liburan pun tidak membuat kantong menjadi bolong.

3. Uang Tunai

Hal yang harus dipersiapkan untuk menghabiskan liburan ditempat yang Anda inginkan adalah dengan memperhatikan jumlah uang yang Anda bawa untuk liburan. Akan lebih baik jika Anda membawa uang cash saja, hal ini dikarenakan untuk menghindari adanya pemborosan dalam belanja atau pun gaya hidup yang terlalu mewah. Jika ingin keluar negeri, akan lebih baik jika hanya menukarkan uang tunai saja tanpa harus membawa kartu kredit yang dapat dipakai sampai luar negeri. Jika Anda tetap membawanya, pastikan orang terdekat Anda dapat mengingatkan dalam pemakaiannya.

4. Budget

Hal terakhir yang harus Anda pikirkan dan persiapkan adalah menentukan budget yang bisa Anda keluarkan selama liburan. Perkirakanlah harga tempat menginap dan makan, hal ini harus didahulukan karena jika tidak, Anda pun pastinya akan kewalahan. Setelah itu, tentukan juga berapa budget yang dibutuhkan untuk transportasi disana. Selain itu, jika berlibur pastinya Anda ingin untuk belanja, maka siapkan juga budget untuk berbelanja, namun jangan terlalu banyak.

  1. author

    M. Moko2 months ago

    Satu lagi Mba……baca cerita2 dari para travel blogger yang udah pernah punya pengalaman ke tujuan tsb Mba hehehehehe

    Reply
    • author
      Author

      mamakmarta2 months ago

      terima kasih masukkannya mas 🙂

      Reply

Leave a reply "Sebelum Berwisata, Hal Ini Wajib Sekali untuk Anda Lakukan"