Pulau Peucang, Destinasi Wisata Ujung Kulon Yang Menggoda

Pulau Peucang merupakan sebuah pulau yang sangat indah di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, dari pulau inilah kita memulai perjalanan wisata menuju ke pulau-pulau di sekitarnya. Pulau Peucang bagi saya mempunyai pesona yang memukau, hamparan pasir putih dan beningnya air laut membuat betah berlama-lama di pulau ini. Suasana di sekitar pulau peucang juga masih asri, di sana hewan-hewan seperti rusa, babi, monyet dan burung hidup dengan bebas.

Pantai di Pulau Peucang Ujung Kulon

Pulau Peucang, Wisata Ujung Kulon

 

Laut di Pantai Pulau Peucang sangat tenang dan bersih bahkan hampir tidak ada ombak, air lautnya pun juga bening, sehingga kita bisa melihat ikan-ikan kecil berenang dari atas dermaga tempat kapal bersandar. Jika sudah melihatnya, sudah pasti setiap wisatawan yang datang ke Peucang tidak akan melewatkan untuk berenang di pinggir pantainya.

Kera liar di pulau peucang

Pulau Peucang, Wisata Ujung Kulon

 

Perjalanan menuju ke Pulau Peucang dimulai dari Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Dengan menggunakan perahu bermuatan sekitar 8 sampai 10 orang, sang nahkoda menjalankan kapal selama kurang lebih tiga jam hingga sampai di Pulau Peucang. Ketika perahu dalam perjalanan, kita akan melihat bagan-bagan nelayan yang malam harinya memancarkan cahaya dari lampu.

Bagan Nelayan yang akan kita lihat dalam perjalanan ke pulau peucang

Pulau Peucang, Wisata Ujung Kulon

 

Mengunjungi Pulau Peucang memang tidak murah, terutama biaya untuk sewa perahu. Jadi sebaiknya melakukan perjalanan secara rombongan agar biaya sedikit lebih ringan. Untuk penginapan, di Pulau Peucang sudah ada penginapan, tetapi jika terlalu memberatkan wisatawan bisa menginap di kapal, biasanya wisatawan yang datang ke Peucang menghabiskan waktu sekitar dua hari.

Berkeliling Sekitar Pulau Peucang

Dimulai dari Pulau Peucang kita akan menjelajahi objek wisata lainnnya di Taman Nasional Ujung Kulon seperti padang pengembalaan cidaon, dimana kita bisa melihat hewan liar seperti banteng, merak dan satwa lainnya yang hidup disana mencari makan. Di tempat ini pula, Anda bisa melihat situs bersejarah peninggalan Belanda yang berupa menara mercusuar serta bangunan bekas dermaga yang berada Tanjung Layar dan Cibom.

Leave a reply "Pulau Peucang, Destinasi Wisata Ujung Kulon Yang Menggoda"