Pesona Kecantikan Air Terjun Mata Jitu di Sumbawa

No comment 237 views

Sumbawa merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang menyimpan banyak sekali pesona keindahan alamnya. Sebut saja danau Satonda, danau ini memiliki keunikan tersendiri dimana air di dalam danau tersebut memiliki rasa yang asin. Bahkan tingkat keasinan air di danau ini hingga 2x lebih asin dibandingkan dengan rasa air laut yang mengelilingi danau Satonda.

Namun tak hanya itu saja, Sumbawa juga masih memiliki segudang tempat wisata yang tak kalah indah dari danau Satonda, seperti yang ada di Moyo Island, yakni si cantik Air Terjun Mata Jitu.

Air Terjun Mata Jitu di Sumbawa

Air terjun mata jitu merupakan primadonanya di pulau Moyo. Tempat wisata alam ini dijuluki sebagai “The Queen of Waterfall” oleh para wisatawan yang datang, itu semua karena keindahannya yang memang tiada banding. Bahkan sekelas Putri Diana dari Kerajaan Inggris berhasil terhipnotis oleh keindahan Mata Jitu Waterfall ini. Maka dari itu, untuk mengabadikan kunjungan Putri Diana ke Air Terjun Mata Jitu, salah satu nama kolam di Mata Jitu dinamakan dengan nama “Kolam Putri Diana”.

Untuk dapat sampai ke Mata Jitu Waterfall, Anda harus menempuh perjalanan darat sekitar 2 jam dari pelabuhan Pototano. Lalu dilanjuti dengan perjalanan laut dari Lombok menggunakan kapal Ferry menuju pelabuhan Goa di pulau Sumbawa. Kapal yang Anda naiki bermuatan sekitar 20-30 orang, dengan waktu tempuh hampir 2 jam untuk tiba di pelabuhan Aji di pulau moyo, Sumbawa. Harga sewanya berkisar 1,4 juta s/d 2,3 juta tergantung kepiawaian Anda (rombongan) untuk menawarnya.

Lalu setelah sampai, Anda tidak serta merta tiba di Air Terjun Mata Jitu, melainkan Anda harus menempuh perjalanan darat dengan menggunakan jasa angkutan motor (sejenis Ojeg) dengan ongkos sekitar 100ribu-150ribu (pulang-pergi). Atau bisa juga ditempuh dengan berjalan kaki, dari pelabuhan Aji, namun tentunya ini akan memakan waktu hingga 1 jam lamanya untuk tiba di Air Terjun Mata Jitu. Namun letihnya perjalanan Anda akan terbayar lunas, ketika Anda sudah sampai di Air Terjun Tercantik se-Sumbawa ini.

Air Terjun Mata Jitu di Sumbawa

Nah, jika Anda ingin mengunjungi Air Terjun Mata Jitu ini, sangat disarankan untuk menginap. Selain perjalanan dari Pulau Moyo ke Sumbawa yang memang cukup jauh, di tempat ini Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan air terjunnya saja. Pulau ini juga memiliki pantai yang sangat indah dengan panorama sunset yang sangat mempesona. Di pulau ini terdapat beberapa penginapan yang cukup terkenal, misalnya Amanwana Resort, namun jika Anda tidak memiliki cukup budget, sangat disarankan untuk memilih tempat menginap lain seperti Homestay yang ditawarkan oleh warga sekitar, karena lebih terjangkau dan cukup nyaman untuk ditinggali.

Leave a reply "Pesona Kecantikan Air Terjun Mata Jitu di Sumbawa"