Penyebab dan Cara Mengatasi Pusing Saat Hamil

No comment 195 views

Pusing Saat Hamil

Pusing saat hamil, memang paling sering dikeluhkan oleh Ibu hamil pada trimester pertama. Kondisi seperti ini masih bisa dikatakan wajar, dikarenakan tekanan darah pada saat hamil muda memang rada mengalami penurunan. Hal tersebut dibenarkan oleh sejumlah pakar kesehatannya. Turunnya tekanan darah ini disebabkan oleh perubahan hormon yang biasa terjadi pada saat hamil. Meningkatnya hormon tersebut membuat pembuluh darah melebar, sehingga aktifitas ini juga ikut meningkatkan aliran darah ke janin. Namun kondisi ini justru membuat aliran darah kembali ke pembuluh darah menjadi melambat. Sehingga tekanan darah menjadi lebih rendah dan mengurangi supplay darah ke otak. Inilah yang dapat membuat Ibu sering merasakan pusing saat hamil.

Pusing juga tak hanya dialami pada trimester pertama saja, terkadang pusing juga bisa dirasakan hingga trimester ketiga. Namun tentunya dengan intensitas yang semakin berkurang. Dan tak menutup kemungkinan, pusing juga akan hilang dengan sendirinya asalkan asupan nutrisi untuk tubuh tercukupi dengan baik.

Nah, buat Ibu yang mengalami kondisi seperti ini. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi bahkan menghilangi rasa pusing di masa kehamilan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini:

  1. Makan sedikit, tapi sering

Kalau Ibu biasanya hanya makan ketika lapar saja, maka pada saat ini pola makan Ibu sebaiknya harus dirubah. Saat hamil tubuh akan lebih mudah kehilangan nutrisi karena diserap oleh janin untuk mendukung pertumbuhannya. Maka dari itu, makan sedikit tapi sering itu lebih baik ketimbang makan sebanyak-banyaknya namun hanya 1 waktu saja di masa kehamilan. Cara ini bisa dilakukan paling tidak setiap 2-3 jam sekali. Sehingga kebutuhan nutrisi Ibu dan bayi dapat tercukupi.

  1. Mengonsumsi buah

Buah juga sangat bagus di konsumsi saat hamil. Pusing dan mual bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan segar yang mudah ditemukan di pasar ataupun supermarket. Buah-buahan seperti jeruk, buah naga, melon dan sebagainya, dapat membantu tubuh untuk tetap bugar sepanjang hari. Selain itu, nutrisi yang berasal dari buah-buahan segar, dapat membantu memperlancar aliran darah sehingga supply ke otak menjadi lancar.

  1. Hindari sesuatu yang berbau tajam

Sesuatu yang berbau tajam juga bisa menjadi pemicu pusing ketika hamil. Bau-bau seperti durian, parfum, sabun, pewangi ruangan dan sejenis, sebaiknya dihindari jika Ibu memang sensitif dengan bau-bauan ini. Bila sudah terlanjur pusing dikarenakan bau-bau tersebut, Ibu dapat mencium aroma minyak angin, aroma teri dan sebagainya untuk menetralisir bau yang tajam, sehingga meringankan pusing dan memberikan ketenangan.

  1. Minum air jahe atau makan permen rasa mint

Minum air jahe atau segala sesuatu yang mengandung mint, sangat efektif untuk meredakan mual. Dan bukan hanya mual saja yang bisa diatasi, pusing-pusing ketika hamil juga bisa hilang dengan rutin mengkonsumsi air jahe. Namun sebaiknya, mengkonsumsi air jahe tetap dalam porsi yang wajar.

  1. Istirahat yang cukup

Semasa hamil, tubuh Ibu mungkin akan lebih mudah capek ketimbang biasanya. Rasa capek yang berlebih dapat memicu datang pusing. Maka dari itu, usahakan untuk menyempatkan diri beristirahat minimal 30 menit di siang hari. Akan tetapi jika Ibu adalah seorang wanita karir, istirahat/berbaring sekitar 10-20 menit untuk beberapa kali, dapat membantu menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi yang baik.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi/menghilangkan pusing di kepala semasa kehamilan.

Leave a reply "Penyebab dan Cara Mengatasi Pusing Saat Hamil"