Penyakit Bawaan yang Berakibat Fatal Jika Seseorang Positif Covid-19

vaksin covid

Covid-19 merupakan polemik kesehatan terbesar sepanjang tahun 2020 ini. Hingga saat ini, virus yang cukup mematikan bagi sebagian orang tersebut belum juga bisa dikendalikan. Meskipun beberapa kali media sosial diramaikan dengan pemberitaan vaksin covid yang sudah ditemukan dan akan segera diedarkan dalam waktu dekat ini. Namun entah kenapa, kebenaran informasi ini masih belum bisa dipastikan.

Terlepas dari isu-isu tersebut, penting bagi kita untuk selalu menjaga diri dan orang-orang tercinta dari penularan covid. Karena covid-19 dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia ataupun kondisi seseorang. Bahkan yang terbaru ini, salah satu orang nomor satu di DKI Jakarta pun tidak luput dari serang virus ini. Maka dari itu, perlu bagi kita untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru dari covid-19 di Indonesia melalui situs-situs terpercaya seperti di situs Halodoc.com. Selain mendapatkan info-info terbaru, di situs ini Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis melalui fitur ‘Tanya Dokter’ secara gratis. Konsultasi yang bisa dilakukan tidak terbatas seputar covid saja, Loh! melainkan hal-hal lain terkait permasalahan kesehatan Anda beserta keluarga juga boleh dikonsultasikan.

Nah, kembali lagi ke topik awal. Dari berbagai sumber menyebutkan, kelompok yang paling beresiko terserang covid-19 adalah mereka yang berada pada rentang usia di atas 50 tahun. Namun faktor usia tersebut bukanlah satu-satunya faktor yang menimbulkan resiko ‘fatal’, melainkan masih ada faktor lain seperti penyakit bawaan (penyerta) yang dialami sebelum seseorang di vonis covid-19. Singkatnya, saat seseorang dengan penyakit bawaan dinyatakan positif covid, penyakit awal tersebut akan menjadi semakin parah, sehingga dapat melemahkan antibodi hingga yang paling parah dapat menimbulkan kematian. Hal inilah yang patut diwaspadai, sebab, kematian mendadak karena covid lebih berpeluang pada mereka yang menderita penyakit bawaan.

Lantas! apa saja sih penyakit yang berpotensi ‘fatal’ bila positif covid? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

  1. Gangguan Pernapasan Kronis

Covid-19 merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Virus ini akan sangat beresiko bila menyerang orang dengan penderita Asma dan PPOK. Keberadaan virus covid dalam saluran pernapasan akan membuat asma/ppok menjadi kronis, dan jika tidak segera mendapatkan perawatan akan menyebabkan si penderita mengalami gagal napas.

  1. Penyakit Kardiovaskular 

Penyakit penyerta lainnya yang sangat beresiko bagi penderita covid-19 adalah penyakit jantung koroner, gagal jantung, hypertensi dan stroke. Penderita penyakit-penyakit ini biasanya memiliki ketahanan (antibodi) yang lemah. Jika terserang virus covid-19, maka dapat menimbulkan kematian mendadak, seperti yang sudah sering diberitakan di media.

  1. Diabetes

Bagi Anda yang menderita diabetes sebaiknya juga berhati-hati dengan virus yang satu ini. Pada dasarnya penderita diabetes memiliki ketahanan tubuh (antibodi) yang lemah. Hal ini dikarenakan diabetes telah menimbulkan kerusakan pada banyak organ tubuh sehingga melemahkan sistem pertahanan tubuh dari virus. Infeksi yang ditimbulkan oleh virus covid, akan menyembabkan komplikasi diabetes seperti ketoasidosis diabetik hingga sepsis. Peningkatan komplikasi ini yang sangat dikhawatirkan karena dapat menyebabkan kematian.

  1. Penyakit ginjal

Meskipun kebanyakan kasus covid-19 menyerang sistem saluran pernafasan, namun keberadaan virus ini di dalam tubuh lambat laun juga akan menyerang organ lain termasuk ginjal. Tidak sedikit laporan dari dunia medis, bahwa mereka yang terserang covid juga mengalami penyakit gagal ginjal akut, padahal sebelumnya tidak pernah mengalami masalah ginjal. Ini berarti, covid-19 juga berdampak pada organ ginjal. Nah, belum lagi jika seseorang memang sudah dari awal menderita penyakit ginjal, maka dapat diperkiraan akan menimbulkan resiko yang fatal.

Leave a reply "Penyakit Bawaan yang Berakibat Fatal Jika Seseorang Positif Covid-19"