Pentingnya Alat Ukur Suhu Tubuh di Era New Normal

No comment 233 views

Alat Ukur Suhu Tubuh Thermonex

Sudah hampir satu tahun lamanya pandemi Covid 19 menyerang dunia, khususnya Indonesia. Pemerintah pun menerapkan kebijakan new normal agar ekonomi tetap berjalan. Banyak sosialisasi yang dilakukan pemerintah terkait new normal ini termasuk pentingnya alat ukur suhu tubuh.

Alat ukur suhu tubuh atau termometer menjadi salah satu item wajib yang harus dimiliki oleh semua tempat umum. Baik instansi pemerintah, swasta, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, dan sebagainya wajib memiliki alat pengukur suhu atau termometer.

Pengertian Alat Ukur Suhu Tubuh Thermonex

Suhu adalah tingkat panas atau dinginnya sebuah benda. Suhu dari benda yang panas lebih tinggi dibandingkan benda dingin. Dalam tubuh manusia terdapat indra yang bisa mendeteksi panas atau dinginnya suatu benda, namun tak bisa memberikan angka yang akurat.

Oleh karena itu manusia menciptakan alat ukur suhu supaya bisa mengetahui nilai suhu dari suatu benda dengan akurat. Alat ukur tersebut kemudian disebut sebagai termometer. Jenis termometer yang paling tepat dan efektif untuk digunakan saat pandemi adalah alat ukur suhu tubuh Thermonex.

Alat ini berbeda dengan thermo gun yang biasa Anda jumpai di tempat umum. Thermonex jauh lebih canggih dan membantu mengurangi kontak antar manusia. Thermonex adalah sebuah termometer berukuran besar yang diletakkan di depan pintu masuk gedung.

Ketika ada orang yang berdiri dengan jarak 1 meter hingga 0,5 meter, Thermonex akan melakukan pemindaian suhu secara otomatis. Alat ini tak hanya menampilkan suhu, namun juga memiliki thermal camera untuk menampilkan titik-titik panas dalam tubuh manusia.

Jika Anda ingin membeli alat ukur suhu tubuh Thermonex, sebaiknya beli melalui marketplace saja sepeti Bhinneka. Mengapa harus belanja secara online? Hal ini bertujuan untuk mengurangi kontak fisik dengan orang-orang di luar rumah. Lagi pula harga produk di Bhinneka lebih murah.

Jenis-Jenis Alat Ukur Suhu Tubuh Thermonex

Thermonex tersedia dalam dua tipe alat yaitu Thermonex Rapid Contactless Thermal Detection TN201BS dan TN201FR. Mari simak perbedaan keduanya agar Anda bisa menentukan alat yang tepat untuk kantor atau perusahaan Anda.

·       Thermonex Rapid Contactless Thermal Detection TN201BS

TN201BS memiliki ukuran yang cukup ringkas, dimensinya adalah 60 cm x 45 cm x 155 cm. Beberapa fitur yang disematkan di dalamnya antara lain:

  • Temperature measurement yang dipakai untuk mengukur suhu tubuh objek manusia.
  • Face capturing dapat dipakai untuk menangkap citra wajah manusia untuk ditampilkan di layar dan dideteksi panasnya.
  • Auto alarm akan berfungsi apabila suhu tubuh objek yang diukur melebihi batas normal.
  • Automated database logging memudahkan perusahaan dalam mengelola data pengukuran suhu tubuh yang masuk.
  • API readiness artinya Thermonex menyediakan API yang dapat dipakai atau diimplementasikan dalam berbagai sistem yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.
  • Contactless seperti yang sudah Anda tahun bahwa Thermonex bisa melakukan pengukuran suhu tubuh tanpa ada kontak sedikit pun.
  • Protocol compability, Thermonex dilengkapi fitur supaya dapat diintegrasikan dengan RFID atau kartu akses perusahaan. Jadi, perusahaan Anda hanya cukup mempunyai satu alat sebagai pemantau akses keluar masuk pengunjung dan pengukur suhu tubuh.

Thermonex TN201BS ini dapat mengukur suhu tubuh objek yang berada 0,1 sampai 0,4 meter di depan sensornya. Durasi yang dibutuhkan untuk mengukur suhu juga sangat cepat, yaitu kurang dari 2 detik.

Ada pun suhu yang bisa dideteksi oleh alat ini berkisar antara 5 sampai 50 derajat Celsius. Sementara akurasinya bisa mencapai angka +/- 3 derajat Celsius. Untuk meningkatkan akurasi alat, Anda bisa melakukan kalibrasi terlebih dahulu.

Untuk menghidupkan alat yang memiliki layar sentuh LED 16 inci ini, Anda hanya membutuhkan tegangan listrik sebesar 220 Volt. Thermonex jenis ini juga hanya bisa digunakan untuk di dalam ruangan.

Harga satu unit Thermonex TN201BS, Anda atau perusahaan Anda harus menyediakan dana sebesar Rp 42.000.000. Saat ini sedang ada potongan harga sehingga Anda bisa mendapatkan TN201BS hanya dengan Rp 28.000.000.

·       Thermonex Rapid Contactless Thermal Detection TN201FR

Tipe yang kedua dari Thermonex adalah TN201FR. Alat tipe ini merupakan versi yang lebih tinggi dibanding Thermonex yang pertama. Selisih harga keduanya juga terpaut cukup jauh, TN201FR dibanderol dengan harga Rp 88.500.000.

Secara umum, fitur yang dimiliki oleh TN201FR ini sama seperti pendahulunya. Namun tahukah Anda fitur tambahan apa yang membuat perbedaan harganya begitu jauh? Rupanya Thermonex TN201FR ini sudah didukung teknologi face recognition atau pengenalan wajah.

Teknologi ini jauh lebih canggih dibandingkan face capturing karena bisa membedakan wajah orang-orang yang berlainan. Oleh karena itu, perusahaan Anda bisa menggunakan TN201FR ini sebagai alat untuk presensi.

Dalam pembelian Thermonex Rapid Contactless Thermal Detection TN201FR, Anda akan mendapatkan beberapa perlengkapan berikut:

  1. Kiosk box
  2. LED alarm lights
  3. Web camera
  4. Layar sentuh LED 16 inci dengan speaker
  5. Mini PC
  6. Aplikasi temperature reader with face recognition
  7. Omron thermal detection sensors.

Selain perlengkapan standar tersebut, Anda juga berkesempatan memperoleh bonus seperti desain tema custom, hand sanitizer sebanyak 5 liter, dan floor signage.

Pentingnya Alat Ukur Suhu Tubuh di Era New Normal

Dahulu, alat ukur suhu tubuh sangat jarang dijumpai. Alat ini hanya bisa dijumpai di fasilitas kesehatan atau di rumah-rumah. Namun saat ini alat ukur suhu tubuh bisa Anda temukan di berbagai tempat, terutama fasilitas umum yang dikunjungi banyak orang.

Pemerintah memang menganjurkan semua tempat umum menyediakan pos khusus untuk pemeriksaan suhu tubuh. Tujuannya adalah untuk melakukan deteksi dini bagi orang yang berpotensi tertular Covid 19.

Suhu tubuh manusia normal adalah 36,5 hingga 37,5 derajat Celsius. Jika lebih dari ambang batas tersebut, artinya di dalam tubuh sedang terjadi proses yang tidak biasa. Peningkatan suhu tubuh ini biasa disebut demam.

Ketika kondisi tubuh sedang tidak fit atau kurang sehat, penularan penyakit akan terjadi lebih cepat. Oleh karena itu, orang dengan suhu tubuh di atas 37,5 dilarang berjumpa dengan banyak orang dan dianjurkan beristirahat di rumah.

Cara ini menjadi salah satu upaya yang efektif dalam mencegah menyebarnya virus Covid 19. Meskipun suhu tubuh tidak menjadi satu-satunya faktor utama penularan virus, namun upaya ini terbukti efektif untuk mengurangi jumlah pertumbuhan kasus Covid di Indonesia dan dunia.

Namun kebanyakan tempat umum masih menggunakan termometer tembak untuk mendeteksi suhu tubuh pengunjung.

Padahal kontak antar manusia sebaiknya harus benar-benar dikurangi, apalagi di tempat umum seperti pusat perbelanjaan atau perkantoran. Itulah pentingnya alat ukur suhu tubuh Thermonex yang sebaiknya dimiliki oleh setiap perusahaan.

Di Bhinneka, Anda bisa mendapatkan berbagai jenis produk kesehatan untuk menghadapi pandemi. Contohnya berbagai macam APD, masker, face shield, dan juga sarung tangan. Dapatkan harga spesial pada pembelian produk-produk tersebut untuk keperluan bisnis Anda.

Leave a reply "Pentingnya Alat Ukur Suhu Tubuh di Era New Normal"