Panduan Cara Daftar CPNS Kemenkumham 2017

No comment 472 views

Cara Daftar CPNS Kemenkumham 2017
Bagi Anda yang telah menunggu lama untuk pendaftaran CPNS 2017, kini tiba saatnya Anda mulai mempersiapkan untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham 2017 yang akan dibuka mulai tanggal 1 Agustus – 31 Agustus 2017.

Sedikitnya akan ada kesempatan bagi belasan ribu lulusan SMA atau sederajat yang ditempatkan untuk mengisi kekosongan pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Dimana untuk lulusan SMA atau sederajat ini, nantinya akan mengisi pos jabatan sebagai penjaga Lapas (Lembaga Pemasyarakatan). Kuota lowongan CPNS bagi lulusan SMA ini lumayan banyak, yakni 14.000 kursi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur mengumumkan formasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) meliputi 21 pos jabatan. Jenis jabatannya macam-macam, seperti Penjaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan analis Keimigrasian.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk dapat mendaftar CPNS Kemenkumham 2017 Anda hanya bisa melamar melalui jalur online dari website resmi yang disediakan oleh pemerintah. Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2017 berubah dari dengan sistem online ini dinilai jauh lebih praktis daripada sistem konvesional yang manual.

Lantas bagaimana langkah-langkah pendaftaran CPNS secara online? Berikut tata cara pendaftaran CPNS Kemenkumham yang benar.

1. Akses formulir registrasi CPNS 2017 bisa didapat di https://wwww.panselnas.go.menpan.id. Setelah mengakses website tersebut kemudian akan tampil form pendaftaran online CPNS 2017 yang harus dilengkapi oleh para pelamar.

2. Isi kolom-kolom yang terdapat dalam formulir pendaftaran CPNS 2017 tersebut dengan lengkap dan sesuai data diri yang sebenarnya. Pengisian data diri menggunakan kartu identitas diri asli baik itu KTP, SIM atau yang lainnya sesuai dengan prosedur pendaftaran online tes CPNS 2017.

3. Untuk kolom instansi, pelamar perlu memastikan terlebih dahulu bahwa instansi yang akan dipilih untuk pendaftaran tes CPNS 2017 tersebut resmi dibuka. Pasalnya untuk instansi yang belum membuka pendaftaran maka tidak akan muncul ataupun dipilih dalam kolom tersebut.

4. Hati-hati pada pengisian password karena meski direkomendasi mengisi password yang rumit namun pastikan bahwa password pendaftaran tes CPNS 2017 itu mudah diingat, bila ragu untuk mengingatnya maka akan lebih baik jika password dicatat guna keperluan pendaftaran tes CPNS selanjutnya pada tahap kedua di https://sscn.bkn.go.id

5. Setelah selesai mengisi form pendafataran tadi, pelamar kemudian perlu mengakses https://sscn.bkn.go.id. Pada tahap kedua ini, pelamar juga kembali diharuskan login dengan menggunakan username dan juga password di tahap sebelumnya.

6. Setelah berhasil login pada website https://sscn.bkn.go.id, pelamar juga perlu mengisi formulir kembali sesuai dengan data diri sebenarnya. Namun pada formulir kali ini, pelamar juga perlu memasukan nilai IPK (untuk sarjana) atau NIM (untuk SLTA).

7. Pada akhir tahap pengisian akan muncul pilihan formasi yang akan diikuti dalam tes CPNS 2017 dan wajib dipilih sesuai dengan lulusan per jurusan sesuai dengan syarat yang diminta dalam tes CPNS 2017 sebab tidak semua lulusan bisa mendaftar di salah satu formasi tes CPNS 2017 baik pusat maupun daerah.

8. Bila semua langkah pengisian formulir pendaftaran telah sesuai dengan tata cara pengisian yang diminta maka pada akhir penyelesaian akan diberikan lembar hasil pendaftaran yang nantinya diperlukan sebagai syarat pelengkap untuk menjadi CPNS.