Objek Wisata Religi dan Pantai di Kota Gresik

No comment 42 views

Punya rencana liburan di akhir pekan, Namun masih bingung mau pergi kemana? Nah bagi untuk anda yang punya rencana tersebut dan anda tinggal tidak jauh dari kota gresik. Bersiaplah untuk anda menyimak beberapa objek tempat wisata pantai dan religi di kota gresik. Banyak tempat wisata yang dapat anda nikmati saat berada di kota gresik dan salah satunya wisata pantai serta religi yang menyimpan sejuta pesona tersendiri dan berbeda. Berikut ini ulasan singkat yang dapat kami bagikan untuk anda semua;

wisata pantai dan religi di kota gresik

 

Pantai Pasir Putih Dalegan

Pantai Delegan yaitu salah satu tempat wisata yang paling popular di Gresik, makanya tidak heran bila tempat ini ramai dikunjungi wisatawan, terlebih pada hari libur. Pantai yang ada di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, ini mempunyai pasir putih yang lembut dan ombak yang begitu tenang. Pemandangan laut yang eksotik membuat pantai ini sebagai salah satu obyek wisata di Gresik yang paling favorite untuk beberapa pengunjung. Pengunjung bisa menjumpai hamparan pasir putih yang halus dengan ombak yang kecil. Pengunjung bisa bermain pasir, berenang, serta sebatas sekedar duduk santai nikmati indahnya pantai ini.

Sarana yang dimiliki pantai ini benar-benar masih termasuk sederhana dikarenakan cuma dikelola oleh warga setempat. Namun, anda di jamin dapat main air hingga senang. Tempat ini juga kerap dijadikan tempat perlombaan bahari setiap bulan Agustus.

Wisata Religi Gresik

Tidak hanya di kenal sebagai kota industri, Gresik juga mempunyai julukan lain sebagai kota santri. Daerah ini di kenal sebagai salah satu pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa melalui Wali Songo. Oleh karena itu banyak objek wisata religi yang dapat anda singgahi sepanjang liburan disana. Satu diantara kegiatan yang tidak bisa terabaikan yakni berziarah ke makam salah satu anggota Wali Songo.

Wali Songo yang dapat anda ziarahi di Gresik yakni makam Maulana Malik Ibrahim atau lebih di kenal dengan nama Sunan Gresik. Makam ini ada didalam bangunan kecil dengan kondisi yang begitu terurus serta terdapat di desa Gapurosukolilo. Tidak hanya makam dari Sunan Gresik ada juga makam Sunan Giri di desa Giri yang dapat juga anda ziarahi. Sehari-harinya makam-makam itu selalu ramai dikunjungi beberapa peziarah dari beragam daerah.

Telaga Ngipik Gresik

kota gresik populer dengan kota industri, kota yang panas serta berdebu akibat imbas dari asap pabrik yang mengepul serta menjadi udara tercemar. itulah yang dirasa waktu anda masuk lokasi industri Gresik, dimana ada banyak industri serta pabrik di daerah ini. Namun tanpa butuh jauh-jauh, anda dapatnikmati situasi yang sejuk serta asri di dalam kota. Datang saja ke Telaga Ngipik atau yang juga dikenal dengan nama Taman Wisata Giri Wana Tirta.

Telaga Ngipik menjadi oase di dalam sumpek nya lokasi industri kota Gresik. Letaknya hanya kurang lebih 1, 5 km dari alun-alun kota Gresik. Disini, anda dapat nikmati semilir angin serta rindangnya pohon-pohon yang hijau, dengan pemandangan telaga sebagai daya tariknya. Selain itu, tempat ini juga kerap digunakan untuk aktivitas ski air oleh Persatuan Ski Air semua Indonesia atau PSASI Jawa timur.

Bukit Jamur

Namanya di kenal sebagai Bukit Jamur, traveler membayangkannya sebagai satu bukit yang diisi penuh jamur yang dibudidayakan. Nyatanya lebih dari sebatas jamur umum yang dapat ditemui disana namun jamur-jamur raksasa yang membuat kamu terpesona. Bukit Jamur yaitu salah satu objek yang tengah ngehits di Gresik anda dapat memasukkannya kedalam daftar tujuan wisata sepanjang liburan disana.

Bukit Kapur

Gunung kapur yang ditambang tersisa arsitektur unik serta eksotis yang pastinya menarik buat kamu sambangi. Terdapat di desa Sekapuk, kecamatan Ujung Pangkah, anda dapat nikmati gunung kapur yang dilubangi, membentuk goa serta pilar-pilar yang mengingatkan kita pada film-film fantasi.

Di dindingnya, terlihat beberapa sisa pahatan hasil penambangan yang dikerjakan oleh warga sekitar. Beberapa warga desa Sekapuk ini memang berprofesi sebagai penambang kapur. Gunung ini sendiri mulai ditambang mulai sejak 1950-an serta saat ini jadi salah satu daya tarik untuk kabupaten Gresik.