Objek Wisata Religi dan Budaya di Kota Solo

No comment 41 views

Kota solo di kenal sebagai kota yang kental akan budaya dan peninggalan sejarah yang cukup banyak untuk wilayah jawa tengah. Karena terdapat beberapa peninggalan sejarah seperti candi kejayaan kerajaan hindu dan budha. Bagi anda yang mungkin sudah memiliki rencana liburan dan masih bingung untuk memilih tujuan wisata anda. Barang kali destinasi objek wisata budaya dan religi di kota solo menjadi alternative liburan anda di akhir pekan ini, dan berikut ulasan singkatnya;

wisata budaya dan religi di kota solo

Pasar Malam Ngarsopuro.

Salah satu pasar malam yang masih tetap hidup sampai sekarang ini di kota Solo yaitu pasar malam Ngarsopuro. Pasar ini diselenggarakan setiap malam minggu yang dipenuhi dengan pengunjung dari dalam serta luar kota. Bahkan juga banyak turis yang begitu menikmati keramaian pasar malam ini. Lokasi pasar ini terdapat di Jalan Diponegoro. Letaknya begitu strategis serta dari tempat ini Anda dapat berkunjung ke berbagai jenis tempat lain. Hal yang paling menarik dari salah satu obyek wisata di Solo ini yaitu begitu nyaman untuk berkumpul bersama rekan atau keluarga. Anda dapat juga temukan beragam jenis oleh-oleh seperti batik, kerajinan apabila perut Anda lapar maka temukan kuliner yang begitu lezat. Pasar ini akan di buka mulai jam 7 sampai 11 malam.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Tawangmangu tawarkan keindahnya yaitu grojogan sewu di lereng gunung Lawu yang begitu beri kesegaran jiwa, panorama yang indah dapat membuat jiwa kita merasa fresh bila berkunjung ke Tawangmangu. Tawangmangu terdapat di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang bisa di tempuh selama satu jam dengan memakai kendaraan darat. Sembari nikmati keindahan Tawangmanggu, anda bisa nikmati sate kelinci serta landak, dan Tawangmangu adalah sentra penghasil sayur serta buah. Terdapat banyak tempat yang kerap menjadi lokasi tujuan wisatawan domestic ataupun mancanegara, baik yang ada di Kecamatan Tawangmangu sendiri ataupun daerah lain di sekelilingnya yang dekat bisa diakses dari Tawangmangu, yakni : Grojogan Sewu, Puncak Lawu, Air Terjun Pringgodani, Dumi perkemahan, Sentra Tanaman Hias (Desa Nglurah), Cemara Sewu, dan Flying Foxwan.

Candi Sukuh

Satu lagi peninggalan nenek moyang yang berbentuk bangunan candi bersejarah di Solo yakni Candi Sukuh. Candi kecil ini dapat menjadi salah satu referensi wisata di Solo dan sekitarnya dikarenakan mempunyai keindahan yang tidak kalah dari candi-candi besar yang lain. Seperti Candi Cetho, Candi Sukuh juga ada di Kabupaten Karanganyar yang letaknya kira-kira 40 kilometer dari Kota Solo. Selain itu Candi Sukuh juga ada di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian kurang lebih 1. 200 meter diatas permukaan laut. Hal tersebut sudah pasti membuat lokasi wisata Candi Sukuh mempunyai udara yang sejuk khas pegunungan.

Daya tarik wisata Candi Sukuh ini tidak hanya dari keindahannya namundikarenakan keindahan bangunan candi tersebut. Candi yang di bangun sekitar awal abad ke-15 ini memang populer dikarenakan keunikan bangunannya. Bentuk candi Hindu ini berbentuk punden berundak serupa seperti piramida yang memiliki ukuran kecil. selain itu Candi Sukuh ini populer sebagai candi yang sedikit erotis serta nyentrik, hal tersebut karena banyak diketemukannya arca ataupun relief yang melukiskan alat kelamin pria ataupun wanita, bahkan juga di sebagian relief terpahat gambar yang sedikit berbau seronok. Tetapi terlepas dari itu obyek wisata di Solo ini begitu bagus. Lokasinya berada di desa Berjo, Gunung Lawu, Karanganyar Regency, Central Java, Indonesia

Candi Prambanan

Candi Prambanan atau Candi Rara Jonggrang yaitu kompleks candi Hindu paling besar di Indonesia yang di bangun pada era ke-9 masehi pada saat pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan serta Rakai Balitung. Menjulang setinggi 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini telah memenuhi kemauan pembuatnya, memperlihatkan kejayaan Hindu di tanah Jawa.

Ada satu legenda yang senantiasa dikisahkan orang-orang Jawa mengenai candi ini. Alkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso menyukai Roro Jonggrang. Dikarenakan tidak menyukai, Jonggrang memohon Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca dalam semalam. Keinginan itu nyaris tercukupi sebelumnya Jonggrang memohon warga desa menumbuk padi serta membuat api besar supaya terbentuk keadaan seperti pagi hari. Bondowoso yang baru bisa membuat 999 arca selanjutnya mengutuk Jonggrang jadi arca yang ke-1000 dikarenakan merasa dicurangi.

Candi Prambanan mempunyai 3 candi paling utama di halaman depan, yakni Candi Wisnu, Brahma, serta Siwa. Ketiga candi itu yaitu simbol Trimurti dalam keyakinan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama mempunyai satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yakni Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, serta Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih ada 2 candi apit, 4 candi kelir, serta 4 candi sudut. Sementara, halaman ke-2 mempunyai 224 candi.

Pusat Grosir Solo

Salah satu obyek wisata di Solo lain yang selalu tidak pernah terabaikan oleh pengunjung yaitu Pusat Grosir Solo. Sesuai dengan namanya maka Anda dapat belanja murah ditempat ini dengan jumlah banyak. Tetapi untuk pembelian eceran pasti mempunyai harga yang tidak sama. Pusat berbelanja ini khusus menyediakan beragam koleksi baju seperti batik, tasserta sepatu yang semua dari batik. Anda dapat juga temukan kaos khas Solo dengan gambar serta tulisan identik kota Solo. Bila Anda datang ke Solo jadi jangan sampai lewatkan untuk singgah serta belanja oleh-oleh. Lokasi tempat ini terdapat di dekat alun-alun kota Solo.