Objek Wisata Pura Besakih Yang Terkenal di Bali

No comment 99 views
Objek Wisata Pura Besakih di Bali

 

Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terdiri dari 1 Pura pusat yang memiliki nama Pura Penataran Agung Besakih serta 18 Pura sebagai pendamping yang berada di sekeliling pura utama. Pura pendamping di Besakih tersebut terdiri dari 1 Pura Basukian dan 17 Pura lainnya. Jadi dalam komplek Pura Besakih ini tidak cuma satu pura melainkan terdiri dari beberapa pura.

Objek wisata Pura Besakih berada di bagian barat lereng Gunung Agung, dikenal sebagai Pura Hindu terbesar sekaligus tempat ibadah utama umat hindu di Bali. Selain sebagai tempat ibadah, Pura Besakih juga merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Bali. Pura Besakih terletak di daerah yang luas, menawarkan kepada Anda pemandangan serta bangunan-bangunan pura menawan yang mengelilingi komplek.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pura Besakih, objek wisata ini berada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Klungkung. Bila Anda datang dari Kota Denpasar, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh 25 km ke arah utara Kota Semarapura dengan menggunakan mobil dan sejenisnya. Perjalanan menuju Pura Besakih akan melewati panorama Bukit Jambul yang juga merupakan salah satu obyek wisata dari Kabupaten Karangasem Bali.

Nama Pura Besakih berasal dari kata “Basuki”, diambil dari kata “Wasuki” yang berarti Keselamatan dalam bahasa Sansekerta. Sedangkan, dalam mitologi Samudramanthana, nama “Besuki” sebenarnya mengacu pada “Naga Besukian”, sebagai penyeimbang Gunung Mandara.

Objek Wisata Pura Besakih di Bali

 

Lokasi Pura Besakih ini memang sengaja dipilih di desa yang telah lama dianggap suci oleh penduduk sekitar. Hal ini juga berdasarkan karena lokasinya yang berada di ketinggian atau dalam bahasa Hindu Bali disebut Hulundang Basukih sehingga pada akhirnya jadilah Desa Besakih. Banyaknya peninggalan zaman megalitik, seperti menhir, tahta batu, struktur teras pyramid yang ditemukan di kompleks Pura Besakih ini menunjukkan bahwa Besakih berasal dari zaman purba, jauh sebelum adanya pengaruh Agama Hindu.

Objek Wisata Pura Besakih Bali

Pura Besakih Pura Besakih sekarang menjadi objek wisata yang sangat terkenal di Bali dan juga merupakan salah satu destinasi wisata andalan dari Kabupaten Klungkung. Dengan berwisata ke Pura Besakih, Anda tidak hanya disuguhkan peninggalan sejarah arsitektur yang khas, tetapi juga bisa menikmati pemandangan alam yang menawan di sekitarnya.

Untuk berwisata ke kompleks Pura Besakih, Anda diharuskan untuk menggunakan sarung khas Bali dan berpakaian sopan, karena kompleks Pura Besakih ini merupakam tempat suci bagi umat Hindu Bali.

Leave a reply "Objek Wisata Pura Besakih Yang Terkenal di Bali"