Objek Wisata Pantai Kuta dan Desa Sade di Lombok Tengah

Pantai Kuta Lombok Tengah

 

Pantai Kuta yang ini bukan di Bali melainkan di Lombok. Namanya memang sama, namun keduanya memiliki daya tarik tersendiri sebagai tujuan wisata. Jika Pantai Kuta di Bali ramai didatangi wisatawan mancanegara. Pantai Kuta di Lombok ini relatif lebih sepi dan tenang meski sering dikunjungi para wisatawan.

Pantai Kuta ini termasuk yang paling terkenal di wilayah Lombok Tengah. Lokasinya berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut. Tidak jauh dari Bandar Udara Internasional Lombok yang ada di praya. Jika dari Kota Mataram, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Perjalanan menuju ke Pantai Kuta akan menempuh jarak 53 kilometer atau sekitar 1 sampai 1,5 jam perjalanan.

Kekhasan dari Pantai Kuta Lombok adalah pasirnya yang berwarna cokelat dengan tekstur menyerupai biji merica. Pantai Kuta Lombok ini juga menawarkan keindahan bukit-bukit kecil di sekelilingnya yang menarik sebagai obyek foto. Ketika air laut surut banyak karang-karang yang timbul dari perairan Pantai Kuta ini.

Festival Bau Nyale Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok Tengah

 

Biasanya Pantai Kuta Lombok ini menjadi sangat ramai pada bulan Februari atau Maret karena ada sebuah upacara tahunan. Selain pengunjung yang datang dari luar kota, penduduk lokal turut meramaikan acara yang sudah menjadi tradisi turun temurun dengan sebutan upacara Bau Nyale. Nyale adalah sejenis cacing laut yang berjumlah sangat banyak dan hanya muncul setahun sekali di sekitar Pantai Kuta Lombok.

Di balik upacara Bau Nyale ini, ternyata ada legenda yang dipercaya oleh masyarakat Nusa Tenggara Barat. Konon Nyale ini adalah jelmaan dari Putri Mandalika yang menjadi rebutan beberapa pria. Agar tidak terjadi peperangan, maka putri cantik ini memilih untuk menceburkan diri ke laut dan berjanji akan terus kembali pada waktu tertentu.

Desa Sade

Pantai Kuta Lombok Tengah

 

Selain melihat upacara Bau Nyale dan menikmati pantai kuta, para pengunjung bisa mengunjungi Desa Sade yang merupakan desa dari penduduk asli Lombok yaitu Suku Sasak. Desa ini masih mempertahankan tradisi keasliannya hingga kini yang bisa Anda lihat dari bentuk bangunan sederhana dengan atap yang terbuat dari alang-alang kering.

Ada kebiasaan unik dari Suku Sasak mengenai perawatan rumah, mereka menggunakan kotoran kerbau untuk mengepel lantai rumahnya. Suku Sasak ini mempercayai bahwa penggunaan kotoran kerbau tersebut dapat mengusir serangga, memperkuat lantai, serta menghangatkan rumah di malam hari.

Tak hanya itu saja, penduduk di Desa Sade ini juga sangat lihai dalam kegiatan menenun. Jika Anda berkunjung ke desa ini, Anda akan melihat banyak sekali kios-kios yang menjajakan hasil tenunaman masyarakat di desa tersebut. Bahkan sebagian hasil tenunan di jual melalui koperasi yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Dengan adanya tradisi budaya yang masih dipertahankan oleh masyarakat Suku Sasak ini merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Leave a reply "Objek Wisata Pantai Kuta dan Desa Sade di Lombok Tengah"