Objek Wisata Menarik di Kalimantan Barat

No comment 427 views
  1. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument ada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Tempatnya berada kurang lebih 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah. Tugu ini jadi satu diantara ikon wisata Kota Pontianak serta tetap dikunjungi orang-orang, terutama wisatawan yang datang ke Kota Pontianak. Histori tentang pembangunan tugu ini bisa di baca pada catatan yang ada didalam gedung.

Tugu Khatulistiwa

Dalam catatan itu dijelaskan kalau : Berdasar pada catatan yang didapat pada tahun 1941 dari V. en. W oleh Opzichter Wiese diambil dari Bijdragen tot de geographie dari Chef Van den topographischen dienst in Nederlandsch- Indië : Den 31 sten Maart 1928 sudah datang di Pontianak satu ekspedisi Internasional yang di pimpin oleh seseorang pakar Geografi berkebangsaan Belanda untuk memastikan titik/tonggak garis equator di kota Pontianak.

Momen utama dan mengagumkan di sekitar Tugu Khatulistiwa yaitu waktu terjadinya titik kulminasi matahari, yaitu fenomena alam saat Matahari tepat ada di garis khatulistiwa. Ketika itu posisi matahari akan tepat ada di atas kepala hingga melenyapkan semuanya bayangan benda – benda dipermukaan bumi. Pada momen kulminasi itu, bayangan tugu dapat “menghilang” berapa detik waktu di terpa cahaya Matahari.

Momen titik kulminasi Matahari itu berlangsung satu tahun 2 x, yaitu pada tanggal 21 – 23 Maret serta 21 – 23 September. Momen alam ini jadi moment tahunan kota Pontianak yang menarik kehadiran wisatawan.

  1. Pulau Randayan – Kalimantan Barat

Siapa kira di Kalimantan Barat ada pulau yang seeksotis Pulau Randayan? Pantainya berpasir putih serta sepi seperti pulau pribadi. Beberapa traveler mesti berkunjung ke pulau ini satu saat nanti.

Randayan yaitu pulau yang terdapat di samping utara daerah pesisir Propinsi Kalimantan Barat. Pulau ini mempunyai alam yang begitu indah, dan panorama bawah laut yang begitu eksotis. Selain itu, pantai pasir putih yang dipunyai Pulau Randayan begitu indah serta menarik untuk wisatawan.

Kita bisa bersnorkeling ria, sembari nikmati ekosistem bawah laut yang masih tetap terjaga keasriannya. Sebagai satu diantara object wisata andalan, Pulau Randayan sampai kini sudah banyak dikunjungi oleh beberapa wisatawan lokal, domestik, ataupun asing.

Untuk menuju pulau Randayan, Anda bisa lewat Teluk Suak. Perjalanan dari Pontianak menuju Teluk Suak bisa ditempuh kurun waktu 2, 5 jam dengan jarak 115 km. Teluk ini ada di 32 km dari Kota Singkawang. Dari Teluk Suak, Anda bisa memakai speed boat dengan tarif pulang pergi (PP) Rp 150 ribu.

Alternatif lain, Anda bisa memakai perahu motor atau kapal pribadi. Namun, Anda mesti pergi dari Pasir Panjang. Tarif kapal khusus yaitu Rp 100 ribu pulang pergi. Sedang tarif perahu motor yaitu Rp 30 ribu pulang pergi.

Bila di lihat dari kejauhan, Pulau Randayan mempunyai pantai serta warna air yang begitu jernih jadi sesuai untuk olahraga menyelam. Selain itu, untuk beberapa wisatawan yang merasa lelah nikmati panorama pulau ini bisa langsung beristirahat di villa-villa kecil yang disiapkan oleh pihak pengelola pulau.

Berdasar pada catatan yang ada, Pulau Randayan mempunyai luas tutupan karang hidup kurang lebih 4, 50 hektar, karang mati 3, 69 hektar, lamun 0, 63 hektar, serta pasir seluas 4, 77 hektar. Situasi itu begitu memungkinkan untuk siapa pun yang mempunyai hoby menyelam untuk mengeksplorasi keindahan alam bawah airnya.

Leave a reply "Objek Wisata Menarik di Kalimantan Barat"