Obat Penyakit Gondongan yang Ampuh dan Murah

No comment 45 views

Penyakit Gondongan

Penyakit gondongan merupakan salah satu penyakit yang paling sering di derita masyarakat Indonesia. Gondongan atau dalam bahasa medis disebut paratitis (mumps) paling sering dialami oleh anak-anak hingga memasuki usia remaja. Saat terserang gondongan, bagian leher hingga bawah dagu, biasanya akan mengalami pembengkakan. Leher yang membengkak juga akan disertai rasa nyeri yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman.  Meskipun penyakit ini tidak mematikan seperti Covid-19, namun keberadaannya tetap perlu diwaspadai agar gondongan tidak menjadi semakin parah.

Penyebab Gondongan?

Meskipun gondongan termasuk ke dalam penyakit umum, namun penyakit ini tetap perlu diwaspadai. Hal ini dikarenakan gondongan termasuk salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus paramyxovirus. Virus ini menyerang bagian kelenjar air liur atau parotoid. Dimana kelenjar air liur berada di sisi kanan dan kiri wajah, serta ada di bagian belakang dan bawah telinga.

Apabila kelenjar ini terinfeksi virus, maka akan terjadi pembengkakan dan peradangan di sekitar pipi, rahang, dan leher. Selain itu juga menimbulkan rasa sakit ketika menelan, mengunyah, berbicara atau sekedar untuk menggerakkan leher. Biasanya, pembengkakan ini akan berlangsung hingga 10 s/d 12 hari, dan akan semakin cepat, jika mendapatkan penanganan yang tepat.

Gejala Penyakit Gondongan

Penyakit Gondongan berbeda dengan penyakit Gondok. Penyakit gondok, terjadi karena kekurangan zat yodium (garam). Sementara penyakit gondongan disebabkan oleh virus dan menular. Gejala penyakit gondongan antara lain;

Gejala gondongan lainnya selain pembengkakan adalah:

  • Munculnya demam. Demam yang muncul terdiri dari beberapa fase, mulai dari demam rendah 37,5 derajat hingga mencapai demam 39 derajat. Demam ini terjadi lantaran adanya pembengkakakn kelenjar air liur yang terinfeksi oleh virus;
  • Badan terasa ngilu dan pegal-pegal;
  • Hilang nafsu makan;
  • Sakit kepala dan juga sakit dibagian tenggorokan.

Pengobatan untuk Penyakit Gondongan

Meskipun penyakit gondongan akan mereda pada hari ke-10 hingga ke-12, namun tidak ada salahnya juga untuk melakukan pengobatan agar penyakit gondongan sembuh lebih awal. Untuk lebih jelasnya mengenai ini, berikut adalah cara yang bisa dilakukan;

  1. Minum obat pereda nyeri

Penyakit gondongan akan menimbulkan rasa nyeri yang bahkan tekadang bisa menimbulkan sakit kepala. Mengkonsumsi obat dari golongan paracetamol, ibuprofen, atau nafroxen memang cukup ampuh untuk meredakan rasa nyeri akibat gondongan. Pemberian obat ini, sebaiknya mengikuti dosis yang tertera pada kemasan, namun bila Anda ragu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk mendapatkan dosis yang lebih tepat.

Antibiotik dapat diberikan pada anak maupun orang dewasa, untuk mengurangi peradangan akibat infeksi virus. Namun tetap hati-hati dalam memberikan antibiotik ini, pastikan pemberian antibiotik sudah sesuai dengan petunjuk penggunaan obat. Dan jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup agar kebutuhan cairan tetap terpenuhi.

  1. Kompres dengan air dingin

Mengompres bagian tubuh yang mengalami pembengkakan akibat infeksi virus gondongan juga dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri. Sebaiknya, gunakan kompres air dingin, karena bagian tubuh yang bengkak biasanya akan terasa panas. Maka dari itu, kompres air dingin dapat menurunkan suhu di bagian tubuh yang bengkak.

Leave a reply "Obat Penyakit Gondongan yang Ampuh dan Murah"