Keindahan Bak ‘Surga’ di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu

Berwisata ke Kepulauan Seribu tak lengkap rasanya jika Anda tidak berkunjung ke Pulau Harapan. Yah, Pulau Harapan Kepulauan Seribu memang sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati alam dan ber-snorking ria dengan pemandangan laut bak ‘Surga’.

Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Bagaimana tidak, saat Anda pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Harapan. Anda akan disambut dengan semilir angin yang membawa aroma laut yang menentramkan jiwa. Beningnya air laut ditambah lagi dengan flora dan fauna bawah laut yang bervariasi, sekilas Anda akan merasa sedang berada di dalam aquarium raksasa. Baik ikan, karang, ataupun biota laut lainnya jugas masih terjaga keasriannya, sehingga sangat layak jika Pulau Harapan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kepulauan Seribu.

Pulau Harapan adalah salah satu dari gugusan di Kepulauan Seribu yang miliki potensi wisata yang sangat bagus. Pulau ini tidak begitu luas, namun termasuk salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang padat penduduknya. Untuk mencapai ke lokasi wisata alam ini, Anda harus melewati Pulau Pramuka. Jika Anda berangkat dari Dermaga Muara Angke atau Marina Ancol, Anda harus menempuh perjalanan lain sekitar 3,5 – 4 jam untuk tiba di Pulau Harapan. Atau jika Anda tidak ingin repot dan ingin lebih cepat sampai di tujuan, Anda bisa menggunakan jasa travel untuk Trip Pulau Harapan Kepulauan Seribu dengan tarif yang lebih murah.

Pulau Harapan: Tempat Terbaik untuk Melakukan Snorkling & Diving

Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Pulau Harapan masih berada di kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKS). Karena masih berada di kawasan Taman Nasional, wajar jika biota laut yang ada di sekitar pulau ini masih terjaga keberaneragamannya. Puluhan hektar terumbu karang masih terjaga dengan baik, sehingga ikan-ikan banyak berkumpul di sekitar pulau ini. Karena keasriannya ini, banyak pengunjung yang datang untuk melakukan kegiatan snorkeling ataupun diving.

Nah, ngomong-ngomong soal snorkeling ataupun diving, di pulau ini sebagian besar warganya membuka tempat penyewaan alat-alat snorkeling/diving. Harga sewa alat snorkling di Pulau Harapan juga bervariasi, mulai 50ribu sampai dengan 200ribu dan itupun masih bisa lebih murah lagi jika Anda pintar menawarnya. Atau jika Anda datang bersama travel trip ke pulau Harapan Kepulauan Seribu dan menggunakan paket wisata ke Pulau Harapan Kepulauan Seribu, bisanya mereka akan menyewakan secara cuma-cuma untuk Anda. Jadi cukup hemat bukan!

‘Hopping Island’ di Pulau Harapan

Selain menikmati keindahan Pulau Harapan dengan cara snorkeling dan diving, Anda juga bisa menikmati keindahan pulau dengan Hopping Island. Yakni, kegiatan berkeliling pulau-pulau yang berada di gugusan pulau Harapan dengan menggunakan Boat Tradisional masyarakat sekitar. Sedikitnya adalah 3 pulau di sekitar Pulau Harapan yang wajib Anda kunjungi jika ingin melakukan hopping island. Yaitu Pulau Besar, Pulau Perak dan Pulau Bulat. Selain itu Anda bisa juga mengunjungi Penangkaran penyu yang terletak di Pulau Kelapa. Untuk dapat sampai ke pulau ini Anda cukup melakukan perjalanan darat dengan menyewa sepeda motor masyarakat sekitar. Jaraknya hanya sekitar 10-15 menit dari Pulau Harapan, dengan menyebrangi jembatan beton yang merupakan bagian dari kegiatan Reklasimas Pantai di Kepulauan Seribu.

Leave a reply "Keindahan Bak ‘Surga’ di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu"