Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mengemudi Jalan Tanjakan

No comment 139 views

Mengemudi mobil di medan yang penuh dengan tanjakan tentunya tidaklah seperti pada medan yang lurus dan datar saja, karena dalam mengemudikan jalanan yang penuh dengan tanjakan dapat dikatakan lebih sulit, terlebih lagi bagi Anda yang belum terlalu mahir dalam mengemudikan mobil, tentunya sangatlah perlu untuk diperhatikan dengan baik agar perjalanan Anda tidak membahayakan diri Anda. Dengan begitu maka jangan asal dalam mengendalikan mobil kesayangan Anda.

tips mengendarai mobil lewat jalan menanjak

 

Bagi Anda yang belum mahir dalam mengendarai mobil kesayangan Anda dan merasa takut pada saat mengendarai jalanan yang penuh dengan tanjakan, maka Anda dapat untuk mengikuti pada beberapa tips yang ada di bawah berikut ini yang akan membantu diri Anda dalam mengendarai mobil yang benar pada saat berada di tanjakan, karena apabila Anda mengendarai mobil dengan cara yang salah pada saat berada di tanjakan maka hal ini pun juga dapat mengancam pada keselamatan diri Anda.

Inilah hal yang perlu diperhatikan saat Anda mengendarai mobil di jalanan yang penuh dengan tanjakan, yaitu sebagai berikut ini:

  • Sesuaikan pada gigi persneling yang akan digunakan untuk melewati tanjakan. Untuk tanjakan yang tidak terlalu curam maka gigi persneling 2-3 dapat Anda gunakan. Namun apalagi tanjakan tajam Anda dapat menggunakan persneling 1.
  • Apabila Anda harus berhenti pada tengah tanjakan, Anda dapat menggunakan 2 teknik yaitu stop dengan rem tangan, dan stop menggunakan rem kaki atau stop menggunakan ½ kopling yaitu pada kombinasi antara gas dan juga kopling.
  • Untuk stop menggunakan teknik rem tangan pada biasanya digunakan waktu lama/tanjakan yang cukuplah tinggi.
  • Stop dengan menggunakan teknik rem kaki untuk waktu sebentar yang ada pada tanjakan tidak terlalu tinggi.
  • Stop menggunakan teknik ½ kopling dilakukan pada situasi jalan pada tanjakan tidak terlalu tinggi.

Itulah beberapa teknik dalam mengendarai mobil saat berada di medan tanjakan, dengan begitu maka Anda pun tidak akan lagi merasa kebingungan dan tidak perlu merasa takut pada saat Anda akan mengendarai mobil di medan yang cukuplah membutuhkan skill atau kemampuan dalam mengendarai mobil itu sendiri. Terlebih lagi untuk semua teknik itu pun juga perlu dilatih supaya bisa mendapatkan feel di dalam mengendarai mobil, terlebih lagi untuk kombinasi kopling/gas yang memang harus disesuaikan supaya kopling tidak mudah habis serta tidak boros bahan bakar.

Dengan mengikuti pada beberapa teknik yang ada di atas maka Anda tidak akan lagi merasa kesulitan pada saat Anda akan mengendarai mobil kesayangan Anda. Meskipun melewati jalanan yang penuh dengan tanjakan hanya dapat dilakukan oleh orang yang memiliki kemampuan mengendarai mobilnya dengan baik, namun tidak ada salahnya jika Anda terus berlatih agar Anda lebih pandai dalam mengendarai mobil saat berada pada jalanan yang penuh dengan tanjakan.

Leave a reply "Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mengemudi Jalan Tanjakan"