Inilah Perlengkapan Makan Bayi Wajib Dimiliki Ketika Mpasi

Perlengkapan Makan Bayi

 

Buah hati merupakan anugerah terindah untuk orang tua. Oleh sebab itu kebutuhan bayi selalu dipenuhi oleh orang tua. Tumbuh kembang bayi pun wajib diperhatikan supaya ia bertumbuh dengan sempurna. Ketika bayi telah berusia 6 bulan, bayi sudah saatnya mulai makan tambahan sebagai pendamping ASI. Sebagai orang tua, wajib teliti dan cermat dalam memilih makan pendamping untuk bayi. Karena saluran cerna bayi belum sempurna seperti orang dewasa, maka sebagai orang tua harus memperhatikan asupana makanan dengan benar. Namun selain asupan makanan, perlengkapan makan bayi pun jangan lupa untuk disiapkan karena memberi makanan bayi yang sedang MPASI harus membutuhkan perlengkapan khusus. Ingin tahu apa saja perlengkapan yang wajib ada? Yuk simak Bun !

  • Baby Bib / Celemek

Bayi berusia 6 bulan memang masih dalam tahap aktif bergerak. Saat makan pun ia akan tetap bergerak aktif. Maka jangan heran jika baju si kecil pasti mudah kotor saat ia makan. Pilih celemek untuk dipakai bayi kala ia makan. Ini akan melindungi dari noda makanannya dan bajunya pun jadi tetap bersih.

  • Sendok

Peralatan makan bayi selanjutnya yang wajib dimiliki adalah sendok. Dalam pemilihan sendok makan untuk bayi ini harus memperhatikan dan jangan salah pilih ya bun. Ingat bahwa mulut bayi masih kecil sehingga pilih ukuran yang kecil saja ya bun.

Pilihlah sendok yang material bahan lembut seperti silikon atau plastik agar nyaman di lidah dan gusi bayi. Hindari bahan yang bisa mengantarkan panas supaya lidah si kecil tak terluka. Serta pilihlah model sendok yang menarik agar si bayi semakin lahap memakannya.

  • Gelas

Bayi yang akan memulai makan makanan selain ASI, pasti membutuhkan gelas untuk berlatih meminum. Maka dari itu kenalkan cara minum yang aman dengan memakai gelas. Namun tentu gelasnya yang khusus untuk bayi ya. Bisa pakai gelas hisap sebelum akhirnya beralih ke gelas biasa. Pilih yang berbahan melamin atau plastik supaya aman untuk si bayi. pilihlah gelas bayi yang mempunyai tutup mudah dilepas dan dibersihkan. Serta memiliki pegangan yang lembut agar si bayi gampang menggenggamnya.

  • Mangkuk

Peralatan makan bayi selanjutnya ialah mangkuk. Peralatan makan yang tepat pastinya juga sangat diperlukan orang tua untuk mendukung kegiatan makan si bayi di masa awalnya. Bunda bisa memilih mangkuk yang memiliki sensor heat untuk mendeteksi suhu makanan. Ini berfungsi agar bunda tahu suhu makanan agar tidak terlalu panas jika diberikan ke dalam mulut bayi. bunda bisa memberikan mangkuk kepada bayi setelah suhu normal dan sekaligus mengajari bayi untuk belajar makan sendiri tanpa khawatir suhu makanan tersebut panas. Pilihlah juga berbahan plastic dan mengandung BPA Free agar aman dipakai bayi.

  • High Chair

Ketika akan memberikan makanan kepada bayi yang baru memulai atau MPASI, tentu posisi anak harus sebaik mungkin supaya tidak mudah tersedak. Oleh karena itu bunda bisa membeli high chair khusus untuk anak supaya makan lebih nyaman. Pilih bahan kursi yang berbahan fiber supaya mudah dipindahkan dan berbobot ringan. Usahakan kursinya nyaman untuk si kecil supaya ia betah duduk kala makan. Pilihlah kursi makan untuk anak yang dapat menampung bobot maksimal 18 kilogram agar kursi tersebut bisa dipakai hingga BALITA.

Itulah beberapa Perlengkapan makan bayi yang wajib bunda miliki ketika akan memberikan makanan sebagai pendamping ASI. Jangan lupa pilih bahan dan kualitas yang bagus ya bun agar aman untuk si bayi. terima kasih.

Leave a reply "Inilah Perlengkapan Makan Bayi Wajib Dimiliki Ketika Mpasi"