Inilah Alasan Mengapa Negara Asing Suka Berinvestasi di Indonesia

Ternyata tidak hanya masyarakat dan Pemerintah Indonesia saja yang mencari peruntungan di tanah Indonesia, tetapi juga pebisnis dari negara asing. Pantas saja ya, banyak perusahaan asing masuk ke Indonesia dan berinvestasi dalam jangka waktu yang lama. Namun sayangnya, mengapa peluang ini tidak dimaksimalkan oleh masyarakat Indonesia sendiri, tetapi justru mempersilahkan negara asing untuk kaya di Indonesia. Sebenarnya apa sih yang membuat mereka betah bahkan bertambah banyak jumlahnya yang mau melakukan investasi di Indonesia?

Investasi di indonesia

7 Hal Penting yang Dilirik Negara Asing dari Indonesia

Sumber daya alam. Tidak perlu diragukan, Indonesia memang sangat kaya dalam hal ini. Selain tanah yang subur untuk ditanami berbagai jenis sayur dan buah, Indonesia juga menjadi produsen utama gas alam cair dan sangat maju di faktor pertambangan. Bahkan, minyak bumi dan mineral kerap dimaksimalkan untuk menjadi komoditas utama kegiatan ekspor.

  • Peran global yang penting. Indonesia memiliki peran penting dalam isyu-isyu global. Bahkan Indonesia merupakan satu-satunya negara di Aisia Tenggara yang menjadi anggota G-20. Dengan statusnya ini, Indonesia memiliki kekuatan untuk menyuarakan kepentingan negara-negara berkembang.
  • Memiliki sektor ekonomi yang sehat. Indonesia dapat dikatakan sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di Asia, karena statusnya yang baik dan menduduki tingkat ekonomi terbesar di Asia Tenggara.
  • Politik yang stabil. Sejak merdeka dan menerapkan prinsip demokrasi, status politik di Indonesia cenderung stabil. Keuntungan yang dapat diambil dari situasi ini adalah stabilitas politik dapat menjadi dasar dinamika kehidupan perekonomian masyarakatnya.
  • Status pasar domestik yang baik. Indonesia menduduki peringkat ke-4 sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Namun positifnya, lebih dari 50% penduduk Indonesia tinggal dan mencari nafkah di daerah perkotaan yang lebih modern. Hal tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan daya beli masyarakatnya juga.
  • Demografi yang baik. Pada 2025-2035 Indonesia diprediksi akan mengalami pergeseran struktur kependudukan yang membuat jumlah kelompok perkerja produktif lebih mendominasi.

Investasi yang baik. Sejak melewati masa krisis keuangan, Indonesia terus berusaha untuk menciptakan iklim investasi yang aman dan menarik. Hal ini dibuktikan dari peningkatan jumlah produk investasi di Indonesia. Pada 2012 Indonesia memiliki sekitar ratusan produk investasi, tetapi pada 2016 jumlahnya meningkat lebih dari 100%. Ditambah lagi perkembangan teknologi saat ini yang memunculkan inovasi jenis investasi melalui online. Apabila Anda tertarik, Anda dapat mencari informasi terkait, seperti salah satunya perusahaan investasi online terbaik yang bernama Mekar.id.

Leave a reply "Inilah Alasan Mengapa Negara Asing Suka Berinvestasi di Indonesia"