Hal yang Harus Dihindari Agar Harga Jual Motor Bekas Tetap Tinggi

Jual Motor

 

Menjual sepeda motor bekas memang bukan perkara yang sulit. Apalagi jika motor yang ingin di jual masih dalam kondisi yang prima. Pada dasarnya hampir setiap orang membutuhkan sepeda motor sebagai alat transportasi yang cepat dan terjangkau. Tak terkecuali bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar. Jalanan ibukota yang kerap macet, menjadi alasan utama bagi mereka yang ingin membeli motor baru ataupun bekas. Dengan mengendarai sepeda motor, ketakutan akan terjebak macet bisa sedikit diatasi. Kondisi yang demikian bisa menjadi kesempatan yang bagus pula bagi Anda yang ingin jual motor bekas dengan cepat. Mengingat, permintaan akan sepeda motor bekas masih sangat tinggi hingga saat ini.

Nah, buat Anda yang berencana ingin menjual motor bekas. Ada beberapa hal yang sebaiknya perlu Anda hindari agar harga jual motor bekas Anda tetap dengan harga yang tinggi. Lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

1. Tidak Merawat Motor

Kesalahan pertama yang mestinya Anda hindari sejak jauh-jauh hari adalah terkait dengan perawatan motor Anda. Jika Anda ingin mendapatkan harga jual sepeda motor bekas yang tinggi, maka Anda juga harus merawat motor Anda dengan baik. Jangan pernah berfikir jika tidak begitu penting merawat motor yang akan dijual. Karena jika Anda mendapatkan pembeli yang teliti, maka ia akan tau pasti kondisi motor yang terawat dengan baik dan yang tidak pernah mendapatkan perawatan. Alhasil, motor bekas Anda akan dihargai dengan sangat murah atau bahkan bisa tidak laku terjual.

Terkait dengan perawatan motor, hal-hal sederhana seperti body motor, ban motor dan rantai sangat perlu mendapatkan perawatan. Jadi, saat sepeda motor akan dijual, pastikan semuanya dalam kondisi yang terbaik.

2. Modifikasi

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi harga jual sepeda motor adalah terkait modifikasi. Memang, setiap pemilik sepeda motor, ingin motor yang ditunggai terlihat keren dan punya performa yang lebih baik. Namun perlu diperhatikan juga, memodifikasi sepeda motor apalagi secara berlebih dapat membuat harga sepeda motor bekas menjadi lebih rendah.

Hal ini dikarenakan, aktifitas memodifikasi motor akan membuat pemakaian bensin menjadi lebih boros. Sehingga akan mempengaruhi kualitas mesin motor. Seperti mengganti knalpot standar menjadi knalpot racing, selain menimbulkan suara bising, knalpot racing juga dapat menurunkan kualitas mesin. Akibatnya harga jual motor Anda akan menurun. Maka dari itu, sebelum Anda melakukan modifikasi motor, pikirkan dengan bijak, apa efeknya untuk motor Anda ke depan.

3. Kelengkapan Surat dan Tunggakan Pajak Kendaraan

Jangan pernah menyepelekan hal ini. Pajak kendaraan memang wajib dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan termasuk sepeda motor kepada negara. Menunggak pajak berarti akan menyisahkan masalah saat Anda akan menjual sepeda motor Anda.

Umumnya pembeli akan memeriksa kelengkapan berkas kendaraan Anda, terutama masalah pajak. Saat ini informasi pajak kendaraan bisa dilihat via online, sehingga calon pembeli dapat mengecek tunggakan pajak motor Anda dengan cepat. Maka dari itu, agar calon pembeli tidak membatalkan transaksi, atau menawar dengan harga sadis, sebaiknya Anda selesaikan terlebih dahulu semua tunggakan pajak motor Anda. Dengan begitu, Anda bisa menjual sepeda motor Anda lebih tinggi kepada calon pembeli.

Selain itu, pastikan pula kelengkapan surat seperti STNK dan BPKB tersimpan dengan baik. Sebab, itu adalah identitas kendaraan Anda. Jika itu tidak lengkap, maka sepeda motor Anda akan dianggap ‘bodong’ dan pastinya calon pembeli akan berfikir ulang untuk membeli motor Anda dengan harga tinggi.

Leave a reply "Hal yang Harus Dihindari Agar Harga Jual Motor Bekas Tetap Tinggi"