Daftar 4 Permainan Zaman Dulu yang Sudah Jarang Dimainkan

permainan tradisional

Seiring semakin berkembangnya teknologi digital, membuat ragam permainan tradisional khas tanah air pun mulai tergerus bahkan tidak lagi dikenal oleh generasi anak-anak zaman sekarang. Kini anak-anak justru lebih asyik dengan gadget dan juga peralatan berbau teknologi. Bahkan, mereka mungkin ada yang sama sekali belum pernah merasakan ragam jenis permainan di bawah ini.

4 Permainan yang Dirindukan Generasi 90an

Anak-anak yang lahir di tahun 90an ke bawah, tentu sudah tidak asing dengan jenis permainan khas tanah air berikut. Permainan ini sebenarnya tergolong lebih menyehatkan karena anak-anak tidak sekedar duduk diam memegang gadget namun menggerakkan seluruh anggota tubuhnya.

  • Engklek

Anda tentu sudah sangat tidak asing dengan jenis permainan satu ini. Permainan engklek adalah permainan murah meriah yang hampir tidak membutuhkan uang sama sekali. Cukup garis kotak-kota di tanah dan Anda pun sudah mulai dapat bermain. Cukup lemparkan batu, koin logam ataupun biji dan Anda sudah mulai dapat melompat. Engklek ternyata bagus untuk melatih keseimbangan badan serta kecerdasan motorik.

  • Patel Lele

Patel lele juga dikenal dengan nama gatrik. Permainan ini menguji ketangkasan serta strategi dari anak-anak. Permainan ini juga mengharuskan konsentrasi yang sangat tinggi dari pemain dari mulai menjungkit bambu, memukul bambu kecil hingga menangkap kembali bambu tersebut yang dipukul musuh. Untuk memainkan patel lele juga hanya dibutuhkan dua batang bambu berukuran 15 cm serta 30 cm.

  • Rangku Alu

Permainan rangku alu mungkin belum banyak dimainkan di seluruh penjuru negeri. Namun, permainan asal Nusa Tenggara Timur ini sangat populer dimainkan oleh anak-anak di sana. Permainan ini pun diadopsi pula pada kegiatan Pramuka. Untuk memainkan rangku alu dibutuhkan empat batang bambu berukuran sedang.

  • Ular Naga

Permainan ular naga hanya membutuhkan banyak orang untuk memainkannya. Orang-orang kemudian berbaris memanjang dengan dua orang yang bertugas membuat gerbang keluar masuk barisan serupa ular.

Di era teknologi digital hari ini, seluruh lini kehidupan tentu tidak bisa terlepas dari gadget dan koneksi internet. Smartfren 4G LTE advanced menyediakan koneksi internet super cepat dan lancar.

Leave a reply "Daftar 4 Permainan Zaman Dulu yang Sudah Jarang Dimainkan"