China Ambil Posisi Dalam Upaya Palestina Merdeka

No comment 61 views

Berita timur tengah yang saat ini sedang ramai diperbicangkan adalah terkait China yang mulai unjuk suara terkait upaya kemerdekaan China. Dikutip dari matamatapolitik, inisiatif China tersebut berupa usulan China untuk menjadikan Yerusalem Timur sebagai Ibukota Negara Palestina. Inisiatif China tersebut tak elak membuat publik dunia tercengang.

Berita timur tengah

 

Dalam preskonferensinya, Wang Yi yang menjadi Menteri Luar Negeri negara tirai bambu itu mengungkapkan bahwa negaranya akan memberikan dukungan penuh terhadap upaya memerdekakan Palestine. China juga akan memberikan advokasi kepada Palestina untuk maju ke dalam perundingan pada komunitas internasional terkait masalah tersebut. Lebih jelas, China juga akan mendorong Palestina untuk memiliki Ibukota Negara di Yerusallem Timur.

Diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri China itu bahwa China tidak akan pernah membiarkan harapan rakyat palestina untuk memiliki negara hilang begitu saja. Tidak tanggung tanggung, dana sebesar $15 Juta akan siap dialokasikan untuk upaya kemerdekaan Palestina ini. Berdasarkan Simposium Perdamaian Palestina-Israel yang diselenggarakan di Beijing pada Desember 2017 kembali menegaskan bahwa China harus memegang peran yang lebih banyak terhadap isu isu Timur Tengah. Dalam pertemuan dengan anggota Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina, menteri luar negeri Amerika kembali menyatakan bahwa China berada pada posisi membela Palestina sebagai negara penuh dan tentunya mendorong agar Yerusalem Timur dijadikan Ibu Kota Negara Palestina.

Kilas balik pada konflik Palestina Israel yang telah mengalami ketegangan selama puluhan tahun, yang hingga saat ini seperti belum menemukan jalan keluar. Selama bertahun tahun rakyat Palestina berusaha mencari dukungan diplomatik untuk negaranya agar memiliki hak terhadap Tepi Barat yang didalamnya terdapat Yerusalem Timur serta Gaza.

Tindakan China ini juga dipicu oleh Amerika yang belum lama ini memutuskan menempatkan duta besarnya ke bagian Yerusalem dari kedutaan sebelumnya di Tel Aviv. Tindakan Amerika tersebut seperti memantikkan ketegangan Palestina dengan Israel pada daerah perbatasan kedua wilayah tersebut.

Ikut sertanya China dalam upaya Palestina merdeka ini dinilai oleh beberapa pengamat akan sangat mempengaruhi bagaimana upaya perdamaian kedua negara tersebut. Seperti gayung bersambut, Ahmed Majdalani mengungkapkan penghargaannya atas upaya China dalam mendukung Palestina di dalam forum PBB, Dewan Keamanan dan tentunya majelis Umum.

Informasi lebih lengkap terkait posisi China dalam konflik Palestina Israel dan berita timur tengah lainnya dapat Anda telusuri pada matamatapolitik.

Leave a reply "China Ambil Posisi Dalam Upaya Palestina Merdeka"