Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

No comment 159 views
Cara Menghilangkan Komedo

 

Komedo merupakan penyumbatan pori-pori kulit yang disebabkan oleh kotoran, lemak, debu, dan lain sebagainya. Terdapat 2 jenis komedo, antara lain komedo putih dan hitam. Kedua jenis komedo tersebut harus diatasi supaya tidak membuat kulit menjadi lebih parah. Cara meghilangkan komedo dapat dilakukan dengan mudah dan memberikan hasil optimal jika dilakukan secara rutin. Anda bisa menerapkan cara alami supaya aman dilakukan setiap hari dan dapat menghemat pengeluaran.

4 Bahan sebagai Cara Menghilangkan Komedo

Bahan alami dapat menjadi alternatif mengatasi komedo yang membuat wajah terlihat kusam atau berjerawat. Ada banyak bahan atau metode yang bisa diterapkan untuk menurunkan jumlah komedo di kulit. Bagaimana caranya? Berikut bahan-bahan yang bisa Anda coba di rumah.

  1. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya dapat digunakan untuk mengurangi komedo baik hitam maupun putih. Dalam lidah buaya terdapat berbagai zat aktif seperti antioksidan yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab komedo. Cara pengaplikasian lidah buaya untuk mengurangi komedo dapat dilakukan dengan menggosokkan daging lidah buaya ke wajah. Cara lainnya dapat dilakukan dengan membuat jus lidah buaya lalu dioleskan ke bagian wajah yang berkomedo.

  1. Baking soda

Untuk mendapatkan kulit mulus tanpa komedo bisa dilakukan dengan mencampur baking soda dan air. Oleskan campuran tersebut ke permukaan wajah secara merata dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan. Baking soda bisa menjadi alternatif cara menghilangkan komedo karena dapat menyerap minyak berlebih, membunuh bakteri, dan mengangkat komedo.

  1. Lemon dan garam

Kandungan vitamin C dalam lemon bisa dimanfaatkan untuk membunuh bakteri penyebab komedo. Manfaat tersebut akan semakin optimal jika mengkombinasikan lemon dengan garam. Anda hanya perlu mengusapkan campuran air lemon dan garam ke bagian yang berkomedo. Lemon dan garam dapat mengikis permukaan kulit sehingga sel kulit mati dan kotoran di pori-pori akan terangkat. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil kulit tanpa komedo secara optimal.

  1. Kopi dan gula

Kombinasi kopi dan gula bisa menjadi cara menghilangkan komedo alami dan mudah. Keduanya berperan sebagai scrub yang akan mengangkat komedo membandel di pori-pori kulit. Campurkan 2 sendok bubuk kopi, 1 sendok gula, dan sedikit air. Gosokkan scrub ke permukaan kulit secara perlahan dengan gerakan memutar selama 1 menit. Selanjutnya bilas scrub sampai bersih supaya bubuk kopi atau gula tidak menyumbat pori-pori wajah. Cara ini aman dilakukan setidaknya 2 hari sekali.

Setiap cara menghilangkan komedo di atas memiliki efek yang berbeda di beberapa orang. Apabila komedo masih membandel, Anda dapat bertanya ke dokter melalui forum tanya jawab di sehatq.com. Dokter akan menyarankan untuk menggunakan obat atau cara lain.

Leave a reply "Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami"