Cara Membersihkan Dot Bayi yang Berkerak

No comment 37 views
Membersihkan Dot Bayi yang Berkerak

 

Terkadang karena saking sibuknya mengurus si kecil, bunda sampai terlewatkan untuk mengecek dot bayi. Mugkin dot bayi menjadi kotor. Atau kalau dot tersebut disimpan di tempat yang tidak steril, bisa -bisa sampai berkerak dan berjamur. Lalu bagaimana cara membersihkan dot bayi itu agar kembali bersih dan steril?

Pertama, pastikan bunda memilih sabun cuci yang khusus untuk bayi. Sabun cuci ini cirinya adalah memiliki kandungan yang aman dan juga bersifat food grade. Artinya sabun cuci itu aman untuk digunakan bagi wadah makanan maupun botol minuman. Sebab seandainya ada residu sabun yang tertinggal, hal itu tak akan menjadi masalah bagi si kecil.

Kalau bunda ingin tahu mengapa harus menggunakan sabun cuci food grade, simak deh penjelasan lengkapnya di https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/mengapa-bunda-harus-menggunakan-sabun-cuci-food-grade-untuk-perlengkapan-makan-bayi.

Kedua, setelah bunda memilih pencuci foodgrade yang tepat, bunda bisa melakukan sterilisasi pada bagian dot. Jika bunda merasa tak hanya dot saja yang perlu dibersihkan, bunda bisa sekalian membersihkan seluruh bagian botol itu. Jadi mulai dari dot, karet botol hingga cincin botolnya dibersihkan semuanya.

Bunda bisa mengunakan air panas. Rendam bagian-bagian botol itu di dalam air panas. Kemudian, bunda bisa masukkan cairan Sleek untuk membantu proses pembersihan.

Lalu tunggulah skeitar 10 menit dan setelah itu bunda bisa menyikat bagian dot serta botol bayi itu sampai bersih. Pastikan juga sikatnya bersih ya bunda.

Lalu untuk bagian dot, jangan lupa untuk membalik pada bagian dalam dot. Jadi bukan hanya bagian luar dot saja yang dibersihkan, tapi juga bagian dalamnya. Bunda bisa gunakan pencuci foodgrade untuk membantu proses membersihkan kerak dan jamur pada dot tersebut.

Jika dirasa sudah bersih, bunda kemudian bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat. Pastikan bilasannya sampai bersih ya bunda dan kemudian simpan dot tersebut di tempat yang bersih. Biar ketika dibutuhkan bunda pun bisa dengan mudah mengambilnya.

Begitulah cara tepat untuk mencuci karet dot bayi hingga bersih dengan menggunakan pencuci foodgrade. Selamat mencoba ya. Bunda bisa mempraktekkan cara ini di rumah.

Leave a reply "Cara Membersihkan Dot Bayi yang Berkerak"