Cara Ampuh Mengatasi Sembelit pada Bayi

No comment 22 views
Cara Mengatasi Sembelit Bayi

 

Sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang dapat dialami oleh siapa saja tak terkecuali pada bayi. Biasanya bayi yang mengalami sembelit akan menjadi lebih rewel dan sering menangis. Hal ini dikarenakan bayi sulit buang air besar dalam waktu yang lama, sehingga feses bayi menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.

Sebenarnya ada banyak cara mengatasi bayi sembelit. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah, sebaiknya cara-cara yang dilakukan harus benar-benar aman untuk tubuh bayi. Sebab, tubuh bayi sangat sensitif terhadap obat-obatan. Jadi, sebisanya hindari menggunakan obat-obatan kimia untuk mengatasi masalah sembelit pada bayi. Berikut ini adalah cara yang cukup ampuh mengatasi sembelit tanpa menggunakan obat-obatan kimia.

  1. Pengobatan melalui ASI

Bukan rahasia lagi jika ASI merupakan makanan dan obat terbaik yang bisa diberikan kepada bayi. ASI mengandung nutrisi yang sangat lengkap yang bisa digunakan untuk mengatasi sembelit bayi. Caranya sangat mudah, Ibu hanya perlu meningkatkan asupan ASI si kecil 4 sampai dengan 6 kali dari biasanya. Dengan memperbanyak minum ASI, maka feses bayi akan menjadi lunak dan mudah untuk dikeluarkan.

  1. Memijat perut bayi

Memberi pijatan lembut pada bagian perut bayi juga merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengatasi sembelit pada bayi. Proses memijat dapat dilakukan secara jarum jam, dan menggunakan minyak telon. Setelah itu, mandikan bayi menggunakan air hangat agar tubuhnya menjadi lebih rileks. Biasanya proses akan membantu melunakkan feses.

  1. Obat pencahar alami

Memberikan obat pencahar bisa menjadi alternatif lain yang aman untuk mengatasi sembelit bayi. Obat pencahar ini tentunya dibuat menggunakan bahan alami yang aman dikonsumsi oleh bayi. Untuk membuat obat pencahar alami, Anda membutuhkan 1 buah Plum dan direndamkan pada air panas, lalu biarkan semalaman. Besok paginya, air rendaman buah Plum tersebut diminumkan pada si kecil untuk membantu memperlancar proses pencernaannya.

Selain buah Plum, buah-buah lain seperti apel dan pir juga bisa digunakan sebagai obat pencahar alami. Dengan cara yang sama, air rendaman buah-buahan tersebut akan membantu mengatasi sembelit pada bayi.

Leave a reply "Cara Ampuh Mengatasi Sembelit pada Bayi"