Cara Ampuh Membasmi Tikus dari Rumah

No comment 154 views
cara membasmi tikus

 

Banyak cara membasmi tikus dari rumah yang bisa dilakukan, namun tidak semua cara yang dilakukan aman bagi kesehatan kita. Ya, meskipun tikus termasuk hewan yang menjijikan bagi manusia, kita tetap saja tidak boleh sembarangan dalam membasmi tikus. Apalagi bila membasminya dengan menggunakan racun tikus, hal ini tentu harus melalui pertimbangan yang serius. Sebab racun tikus juga bisa menyebar kemanapun terlebih di dalam rumah, dan bila sampai bersentuhan dengan makanan ataupun kulit kita, maka bisa menjadi masalah yang cukup serius bagi kesehatan.

Pada dasarnya tikus merupakan hewan pengerat yang suka menggerogoti furnitur. Sifatnya yang rakus dan merusak ini, menjadikan tikus sebagai hewan yang patut untuk di basmi. Hewan ini sangat menyukai tempat-tempat yang gelap dan berbau busuk. Jadi, tikus juga disinyalir membawa bakteri dan virus yang sangat berbahaya bila sampai masuk ke dalam tubuh. Dan tak hanya itu saja, air kencing atau kotoran yang dibuang tikus terkadang menyisakan bau yang sedap. Maka dari  itu, perlu dilakukan upaya untuk membasmi tikus-tikus yang ada di rumah. Nah, jika Anda kerap bermasalah dengan tikus-tikus ini, berikut beberapa tips yang cukup ampuh untuk membasmi tikus dari rumah.

1. Menghancurkan Tempat Masuk ke Sarang Tikus

Tikus yang sempat bersarang di rumah biasanya memiliki tempat masuk ke sarang. Nah, cara yang paling utama yang bisa dilakukan untuk mencegahnya masuk ke sarang. Maka Anda perlu menghancurkan/menutup jalan masuknya tersebut. Untuk yang satu ini Anda perlu melakukan pengecekan secara detail. Periksan setiap pintu, jendela, atap ataupun kusen yang disinyalir menjadi tempat masuk tikus ke dalam rumah. Jika sudah ketemu, maka segera tutup lubang-lubang tersebut agar tikus tidak lagi bisa masuk ke dalam rumah dan berdiam di sarangnya.

2. Gunakan Jebakan Tikus

Menggunakan jebakan/perangkap tikus merupakan cara yang cukup aman untuk membasmi tikus. Bila dibandingkan dengan menggunakan racun, memang cara ini lebih membutuhkan kesabaran. Namun hal ini sebanding dengan dampak setelahnya. Anda tidak perlu dikhawatirkan akan bahaya racun yang bisa saja mencemari tubuh.

Di pasaran sendiri, banyak beredar bentuk-bentuk jebakan tikus. Namun yang paling aman sepertinya adalah yang berbentuk kandang. Bila berbentuk jepitan, maka bisa beresiko pada anak-anak yang tak sengaja menyentuhnya.

Untuk pancingannya, Anda bisa menaruh makanan kesukaan tikus di dalam jebakan. Kemudian meletakkannya pada tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus. Biasanya jebakan tikus bisa menampung hingga 15 ekor tikus kecil sekaligus atau 3-4 tikus yang berukuran besar.

3. Bersihkan Air Kencing dan Kotoran Tikus

Untuk menandai tempat-tempat yang pernah di datangi atau menjadi sarangnya, biasanya tikus akan meninggal air kecing atau kotorannya di tempat itu. Jika tempat-tempat itu sudah dikencingi atau dikotori dengan kotorannya, maka tikus akan kembali lagi ke tempat tersebut meski sudah di usir dari rumah. Untuk itu, saat tikus sudah di usir atau di basmi dari sarangnya yang ada di dalam rumah, maka segera lakukan pembersihan pada bagian-bagian rumah yang biasa di lewati oleh tikus.

Gunakan sarung tangan dan masker saat Anda melakukan pembersihan. Dan jangan sekali-kali menyentuh kotoran tikus dengan tangan Anda. Sebaiknya bila ada kotoran yang ingin dibuang, gunakan tissue anti bakteri untuk mencegah penularan penyakit. Gunakan juga cairan disinfektan untuk membersihkan sisa-sisa bakteri/kuman yang dibawa oleh tikus ke rumah Anda. Dan jangan lupa untuk melakukan pembersihan dengan cairan disinfektan pada peralatan-peralatan yang Anda gunakan untuk membersihkan kotoran tikus.

Leave a reply "Cara Ampuh Membasmi Tikus dari Rumah"