Punya Gaji Pas-pasan? Jangan Khawatir, Anda Tetap Bisa Ibadah Haji dengan Cara Berikut

Tabungan Umroh Syariah

 

Ibadah haji merupakan salah satu ibadah tersulit yang tidak bisa dilakukan oleh setiap orang. Karena, ibadah haji membutuhkan dana yang tidak sedikit dan kekuatan fisik yang mumpuni. Tak jarang orang dengan gaji pas-pasan merasa tidak mampu untuk melakukan ibadah yang satu ini karena besarnya biaya yang dibutuhkan. Jika Anda salah satunya, maka jangan khawatir, karena beberapa cara berikut bisa membantu Anda untuk melakukan ibadah Haji walau dengan gaji yang pas-pasan.

Stop Gaya Hidup Konsumtif

Meski punya gaji yang cenderung pas-pasan, tak jarang diantara kita justru memiliki gaya hidup yang konsumtif. Hal ini tentu bukanlah hal yang baik karena bisa mempersulit upaya untuk melakukan setoran haji sedini mungkin. Bahkan, Anda akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup karena gaya hidup yang terlalu boros dan bisa mengganggu kondisi keuangan Anda dan keluarga. Untuk itu, stop gaya hidup konsumtif dan mulailah membeli barang apabila dibutuhkan saja.

Mulai Menabung Walau Sedikit

Biaya Haji yang tidak murah mengharuskan kita untuk menabung agar bisa mewujudkannya. Anda bisa menabung setiap bulannya agar dapat mewujudkan ibadah haji secepat mungkin. Jangan malu atau ragu karena dari tabungan yang sedikit demi sedikit lama kelamaan akan menjadi bukit dan bisa membantu Anda untuk segera beribadah Haji.

Rutin dan Disiplin dalam menabung

Menabung sedikit demi sedikit tidak akan sempurna apabila Anda tidak rutin dan disiplin dalam menabung. Kedisiplinan dalam menabung sangatlah penting agar proses menabung berjalan lebih efektif dan sesuai harapan. Anda perlu menabung secara rutin agar mimpi ibadah haji bisa lebih cepat terwujud. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan produk tabungan umroh syariah dan tabungan Haji syariah dari Bank Syariah Bukopin apabila menabung sendiri dirasa terlalu sulit untuk dilakukan secara disiplin.

Berdoa

Jika 3 hal diatas telah dilakukan, maka jangan lupa untuk berdoa. Doa punya kekuatan yang besar untuk mewujudkan impian Anda agar bisa melakukan ibadah haji secepat mungkin. Lakukan doa setiap harinya dan nantikan kekuatan doa hingga Anda dipanggil untuk berangkat ke tanah suci.

Leave a reply "Punya Gaji Pas-pasan? Jangan Khawatir, Anda Tetap Bisa Ibadah Haji dengan Cara Berikut"