Berwisata ke Penangkaran Penyu di Pantai Ujung Genteng – Sukabumi

Pantai Ujung Genteng adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi yang cukup menawan, pantai ujung genteng ini memiliki hamparan pasir putih, laut yang bening serta penangkaran penyu yang pastinya akan menambah pengalaman menarik untuk liburan Anda. Pantai Ujung Genteng sangat bisa menjadi tempat rekreasi bersama keluarga ataupun teman-teman dan mungkin juga menjadi tujuan touring bagi para bikers.

Penangkaran Penyu di Pantai Ujung Genteng

 

Ujung Genteng sendiri merupakan nama sebuah desa di pesisir yang secara administrasi masuk dalam wilayah Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Jika kalian melihat di peta, maka posisinya berada di ujung barat daya Pulau Jawa, mungkin inilah yang mendasari wilayah ini bernama Ujung Genteng, karena letaknya yang paling ujung. Sedangkan kata “Genteng” yang dibelakangnya saya tidak mengetahui asal-usulnya.

Pantai Ujung Genteng bukanlah satu-satunya pantai di Sukabumi, masih ada pantai lainnya seperti Pantai Pelabuhan Ratu, tetapi pantai Ujung Genteng menurut saya adalah salah satu yang cukup bagus, ada banyak spot untuk dijelajahi. Meskipun jarak yang ditempuh untuk menuju Ujung Genteng cukup jauh terutama bagi Anda yang berasal dari Jakarta, tetapi keindahannya mampu meringankan rasa lelah kita selama menempuh perjalanan.

Hamparan pasir dan laut yang biru akan menyambut kedatangan Anda, siapapun akan tergoda untuk segera berenang di pinggir pantainya. Namun itu hanyalah salah satu daya tarik yang dimiliki Ujung Genteng, jika Anda bergeser menyusuri pinggiran pantai maka akan menemukan pantai lain yang lebih luas dengan ombak yang cukup besar, serta tempat penangkaran penyu.

Penangkaran Penyu di Ujung Genteng

Penangkaran Penyu di Pantai Ujung Genteng

 

Di tempat penangkaran penyu ujung genteng inilah kita bisa melihat puluhan tukik atau anak penyu yang baru menetas dari telurnya, tukik-tukik itu sangat kecil berwarna hitam dan mereka terkumpul dalam ember yang cukup besar. Itu saja? Tentu tidak, pada malam harinya jangan tidur dulu, karena jika beruntung Anda bisa melihat penyu yang cukup besar, ia berenang dari laut menuju ke pantai untuk bertelur.

Para wisatawan bisa melihat kemunculan langsung penyu tersebut hingga ia selesai bertelur dan kembali lagi ke laut. Meskipun sudah diberitahukan mengenai peraturan untuk melihat penyu bertelur tersebut, tetapi tetap saja banyak pengunjung yang melanggar aturan. Meskipun begitu, melihat penyu bertelur akan menjadi pengalaman tersendiri bagi pengunjung yang melihatnya.

Penginapan di Ujung Genteng

Penginapan di Pantai Ujung Genteng

 

Setiap wisatawan yang mengunjungi Pantai Ujung Genteng pasti menghabiskan waktu 1 sampai 2 hari untuk menikmati pantai, maka dari itu diperlukan tempat untuk istirahat, nah bagi Anda yang mencari penginapan di Ujung Genteng tidak perlu khawatir, karena di Ujung Genteng banyak penginapan tersedia dan tentu saja cukup memadai, ada yang berkapasitas hingga 10 orang dan ada juga yang cukup untuk satu keluarga.

Lokasi Pantai Ujung Genteng

Penangkaran Penyu di Pantai Ujung Genteng

 

Pantai Ujung Genteng Berlokasi di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, jaraknya 216 kilometer dari Kota Jakarta. Untuk menuju ke sini dibutuhkan perjalanan sekitar 6 sampai 8 jam, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Secara keseluruhan Pantai Ujung Genteng di Sukabumi sangat layak untuk dikunjungi, selain pantainya yang dapat kita gunakan untuk berenang atau bersantai kita juga mendapatkan pengalaman tersendiri ketika melihat induk penyu naik ke pantai untuk bertelur.

Saat Anda pulang nanti mampirlah ke Air Terjun di Sukabumi yang bernama Curug Cikaso, letaknya ada di Kecamatan Cibitung, Sukabumi, atau sekitar 32 km dari Ujung Genteng. Air terjunnya cukup tinggi dan tentunya sangat rekomended, tapi jangan berenang karena kolam yang berada tepat di bawah air terjun sangat dalam.

Leave a reply "Berwisata ke Penangkaran Penyu di Pantai Ujung Genteng – Sukabumi"