7 Spot Instagramable di Kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi

Mengunjungi Sukabumi, Jawa Barat, belum lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke kawasan Geopark Ciletuh. Kawasan wisata terkenal di Sukabumi ini memang paling direkomendasikan bagi pelancong lokal maupun mancanegara yang ingin menikmati pemandangan alam indah khas Jawa Barat.

Geopark Ciletuh Sukabumi

Bagi warga di Sukabumi, mungkin mendengar nama Geopark Ciletuh bukan sesuatu yang baru lagi. Geopark Ciletuh Sukabumi adalah suatu kawasan wisata alam dengan struktur batuan tertua yang ada di pulau Jawa. Jadi sudah sudah dibayangkan gimana unik & kerennya tempat ini, karena banyak sekali batuan-batuan besar yang berada disana yang terukir secara alami oleh alam.

Untuk menuju ke kawasan wisata Geopark Ciletuh Sukabumi membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Akses jalan menuju Geopark Ciletuh sudah sangat baik dengan struktur jalan aspal beton, sehingga cukup nyaman dan aman saat berkendara. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menaiki bus dari terminal Sukabumi atau dari pelabuhan ratu. Namun untuk kendaraan umum, akses yang paling mudah melalui pelabuhan ratu. Anda tinggal naik mini bus menuju kecamatan Ciemas atau Ciwaru, dan langsung menuju ke kawasan wisata Geopark Ciletuh Sukabumi.

Ada banyak sekali spot-spot wisata yang menarik dan keren yang berada di kawasan Geopark Ciletuh. Namun tempat yang paling hits dan Instagramable setidaknya ada 7 tempat, yakni Bukit Panenjoan, Pantai Palangpang, Curug Cimarinjung, Curug Awang, Curug Sodong, Curug Cikanteh dan Puncak Darma. Seperti apa pesonanya, silahkan simak ulasannya di bawah ini:

1. Pantai Palangpang, Ciletuh, Sukabumi

Geopark Ciletuh Sukabumi

Jika Anda ingin berkunjung ke Geopark Ciletuh, pertama sekali Anda bakal disuguhi pemandangan pantai indah Palangpang. Yah! Pantai Palangpang ini merupakan gerbang (pintu masuk) ke dalam kawasan Geopark. Ditempat ini Anda bakal menemui tugu Geopark Ciletuh sebagai tanda bahwa Anda telah sampai di kawasan wisata alam Ciletuh. Tipe ombak dipantai ini cukup tenang, Anda bisa dengan santai menikmati Sunset maupun sekedar berenang di arus yang tenang.

2. Curug Cimarinjung yang Menjulang Tinggi

Geopark Ciletuh Sukabumi

Terletak lebih kurang 1 Km dari pantai Palangpang dan bisa diakses dengan berjalan kaki, Curug Cimarinjung merupakan spot wajib saat Anda berkunjungi ke kawasan Geopark. Namun untuk dapat menikmati keindahan air terjun Cimarinjung, sebaiknya Anda datang di luar musim penghujan. Karena pada saat musim hujan, debit air akan cukup deras dan warna air keruh. Sehingga Anda tidak punya kesempatan untuk menikmati dingin dan segarnya air.

3. Curug Awang Niagara Mini

Geopark Ciletuh Sukabumi

Kalau ingin berfoto di tempat yang instagramable, Curug Awang ini juga gak kalah kerennya, Loh! Disekitar curug, membentang luas sawah penduduk yang tertata dengan apik. Sehingga sangat keren apabila Anda ingin berfoto dengan latar belakang sawah dan air terjun. Oia, Curug awang juga mempunyai sebutan nama lain, yakni Niagara Mini. Itu dikarenakan ketika debit air naik, air jatuh dengan derasnya seperti air terjun Niagara yang ada di Amerika sana. Kebayangkan gimana kerennya jika berfoto dengan landscap itu.

4. Curug Sodong (Air Terjun Kembar)

Geopark Ciletuh Sukabumi

Curug sodong juga merupakan spot yang keren buat Anda yang ingin mengabadikan momen. Curug ini juga disebut dengan dengan air terjun kembar oleh masyarat Ciletuh. Disebut demikian lantaran curug ini terbagi 2 dan terletak berdampingan. Uniknya, di balik air terjun kembar ini, terdapat sebuah gua yang dapat dimasuki bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan gua. Namun sayangnya, tidak setiap saat gua ini bisa di masuki, karena terkadang debit air menjadi cukup deras. Sehingga sulit untuk sampai ke mulut gua.

5. Curug Cikanteh Sukabumi yang Menawan

Geopark Ciletuh Sukabumi

Satu lagi spot Curug yang paling instagramable di kawasan Geopark Ciletuh adalah Curug Cikanteh. Terletak tidak jauh dari Curug Sodong, curug ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Namun untuk dapat mencapainya, Anda perlu berjalan kaki kurang lebih 15 menit. Yang menariknya disini, air yang jatuh tidak begitu deras dan berwarna jernih, serta jatuh menghantam bebatuan sehingga menciptakan aliran air yang melebar. Sangat keren bila Anda ingin mengabadikan foto di tempat ini.

6. Puncak Darma di Desa Girimukti, Ciemas

Geopark Ciletuh Sukabumi

Puncak bukit dengan ketinggian 230 mdpl ini sangat menarik untuk di jelajahi. Dari Puncak Darma yang terletak di desa Girimukti, Ciemas, ini Anda bisa melihat pemandangan terbaik kawasan wisata Geopark Ciletuh Sukabumi. Hamparan pantai yang membentuk amfiteater raksasa ini begitu memukau dengan latar Samudra Hindia yang sangat luas. Sangat cocok untuk dijadikan foto kekinian di Instagram. Namun untuk dapat sampai kepuncaknya Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 – 2 jam, dengan menggunakan mobil 4 WD yang bisa kamu sewa disekitaran kawasan wisata Ciemas ini.

7. Bukit Panenjoan Ciletuh

Geopark Ciletuh Sukabumi

Tak kalah indah dengan Puncak Darma, Bukit Panenjoan Ciletuh juga punya pemandangan yang sangat mempesona. Akses masuk ke tempat ini juga tidak begitu sulit. Terletak di ketinggian 342 mdpl dan berada di tepi jalan yang tak jauh dari kantor PAPSI (Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi). Kamu bisa melihat pemandangan alam desa yang menyejukkan mata.