6 Aplikasi Utility Android yang Layak Dimiliki

No comment 80 views
Aplikasi Utility Android

 

Dengan begitu banyaknya aplikasi yang tersedia di Google Play Store, tidak salah jika kebanyakan orang sering mengabaikan aplikasi-aplikasi berjenis utility. Aplikasi-aplikasi seperti ini biasanya tidak memakan ruang banyak pada smartphone kamu tapi jarang diperhatikan oleh orang-orang meskipun sebenarnya mempunyai manfaat yang berguna. Agar smartphone kamu senantiasa beroperasi dengan normal dan terhindar dari masalah-masalah yang bisa memperlambat kinerjanya, kamu bisa menginstall beberapa aplikasi berikut ini.

  1. Smart Tools. Sesuai dengan nama aplikasinya, Smart Tools memang merupakan aplikasi lengkap yang benar-benar pintar. Hanya dengan install satu aplikasi saja, kamu bisa melakukan banyak hal kecil yang berguna seperti mengukur panjang dengan penggaris dan meteran. Tidak sampai disitu saja, salah satu aplikasi utility terbaik untuk Android ini pun dilengkapi dengan fitur light yang bisa digunakan sebagai senter. Terdapat juga berbagai fitur menarik lainnya seperti location, speed, stopwatch, mirror, metal detector dan lain sebagainya.
  2. Google Find My Device. Kehilangan smartphone atau tablet Android kamu tentu sangat menyedihkan, namun kamu sebenarnya dapat melacak keberadaan gadget kamu yang hilang menggunakan aplikasi Google Find My Device. Aplikasi ini bisa dibilang merupakan versi Android dari aplikasi “Find my iPhone” buatan Apple. Google Find My Device merupakan salah satu aplikasi utility tercanggih di dunia dari segi keamanan. Dengan aplikasi ini, kamu akan bisa melacak keberadaan Android yang hilang melalui GPS, membunyikan suara yang keras, menguncinya, hingga menghapus semua data yang ada di dalamnya.
  3. Tidak sengaja menghapus data penting yang ada di smartphone kamu? Tenang saja, aplikasi pintar yang satu ini bisa membantu mengatasinya dengan mudah. Dumpster adalah sebuah aplikasi utility yang siap mengembalikan semua file kamu yang terhapus secara tidak sengaja. Dumpster bisa mengembalikan berbagai jenis file, mulai dari file foto, dokumen, lagu maupun jenis file lainnya.
  4. Sky Map. Apakah kamu suka dan hobi mempelajari astronomi dan memiliki ketertarikan untuk mempelajari tentang bintang, planet dan hal-hal lainnya di luar angkasa? Jika ya, maka pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Sky Map di smartphone Android-mu. Di aplikasi yang satu ini, para pengguna bisa mengidentifikasi bintang, planet, nebula dan hal-hal menakjubkan lainnya yang ada di luar angkasa sana. Sky Map mirip dengan Google Map, tapi berlaku untuk luar angkasa.
  5. Aplikasi utility yang satu ini sangat berguna jika kamu ingin mengetahui informasi tentang kekuatan jaringan WiFi yang ada di dekat kamu. WiFiAnalyzer adalah sebuah aplikasi yang bisa menganalisis kekuatan jaringan WiFi yang ada di dekat kamu dan menampilkan informasi grafisnya secara menarik dan informatif. Selain manfaatnya yang berguna itu, WiFiAnalyzer juga memiliki fitur untuk mengganti tema aplikasi menjadi dark atau light.
  6. Kegunaan utama dari Inkwire adalah untuk sharing layar dengan perangkat Android lainnya yang juga sudah install aplikasi ini. Cukup masukkan kode untuk menghubungkan kedua perangkat dan kamu pun akan bisa menyaksikan layar smartphone lain di layar kamu dan sebaliknya. Agar lebih mudah digunakan dan agar kamu bisa #MakinKuatInternetan, gunakan paket internet #4GPlusKuat dari IM3 Ooredoo yang bisa dicek di link berikut ini

Nah, itu dia beberapa aplikasi utility yang bisa kamu install sekarang juga ke dalam smartphone kamu. Jangan abaikan aplikasi-aplikasi utility seperti ini karena keberadaannya bisa membuat performa smartphone kamu meningkat secara signifikan. Tidak percaya? Silahkan coba sendiri.

Sumber : Popmama

Leave a reply "6 Aplikasi Utility Android yang Layak Dimiliki"