5 Makanan Ini Tambah Asupan Zat Besi Saat Anda Hamil

No comment 150 views
pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia

 

Zat besi yang memadai merupakan kondisi yang dibutuhkan saat Anda sedang hamil. Anda harus sadar akan pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia. Akan sangat bermanfaat jika Anda rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi sehari-hari selama kehamilan. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan menunya.

1. Sayuran Daun

Sayuran daun seperti bayam, brokoli, dan kol sangat cocok Anda konsumsi, untuk menambah kadar zat besi dalam tubuh Anda. Dilansir dari healthline.com, sayuran ini mengandung hingga 6.4 miligram per sajiannya. Bahkan, 100 gram bayam mengandung 1.1 kali lebih banyak zat besi dibandingkan dengan 100 gram daging.

2. Tempe

Anda mungkin sangat akrab dengan makanan tradisional hasil fermentasi berikut ini. Jika Anda mengonsumsi tempe sebanyak 6 ons saja, Anda sudah mencukupi asupan zat besi harian sebanyak 20%. Selain itu, tempe juga kaya akan probiotik untuk kesehatan saluran cerna Anda selama kehamilan. Jadi, mengapa Anda tak mulai mengonsumsi tempe dari sekarang?

3. Bubur Gandum

Mengingat pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia, Anda bisa mencukupi asupannya dengan mengonsumsi bubur gandum. Kandungan zat besi per satu sajian normal bubur gandum, bisa mencukupi sekitar 19% asupan zat besi harian Anda. Rasa kenyang pun akan Anda dapatkan setelah mengonsumsi bubur kaya nutrisi ini.

4. Ubi Jalar

Tak hanya mengenyangkan, ubi jalar juga menyimpan kandungan zat besi yang Anda butuhkan saat masa kehamilan. Pada tiap 2.1 miligram ubi jalar, Anda sudah memenuhi sekitar 18% dari asupan zat besi harian. Rasanya yang manis juga akan membuat selera makan Anda yang sempat hilang saat hamil, kembali pulih.

5. Tahu

Tahu juga sama berkhasiatnya dengan tempe untuk menambah asupan zat besi Anda saat hamil. Dalam 168 gram makanan dengan tekstur lunak ini, terdapat sekitar 3.6 miligram zat besi. Lumayan sekali untuk menambah asupan zat besi harian Anda, serta untuk menambah variasi pada menu sehat di masa kehamilan.

Lima makanan yang kaya akan zat besi di atas, bisa menjadi pilihan Anda agar bisa terhindar dari kondisi kekurangan zat besi. Selain kaya akan zat besi, ada juga makanan tersebut yang kaya akan probiotik untuk kesehatan saluran cerna. Jagalah pola makan Anda dan rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan, agar kesehatan Anda selama hamil tetap terjaga.

Leave a reply "5 Makanan Ini Tambah Asupan Zat Besi Saat Anda Hamil"