5 Cara Menghitung Masa Subur Pada Wanita

No comment 99 views
kalkulator kesuburan

 

Mengetahui masa subur pada wanita sangatlah penting untuk diperhatikan, terutama bagi wanita yang sudah menikah dan ingin segera memiliki anak. Karena dengan mengetahui masa suburnya, sehingga kemungkinan untuk mendapatkan menjadi semakin besar dengan melakukan proses ovulasi pada saat masa subur tersebut. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui masa subur tersebut? Berikut 5 cara menghitung mas subur pada wanita :

  1. Hitung Masa Subur

Cara pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Hitung Masa Subur. Dengan menggunakan aplikasi ini bisa membantu anda untuk menghitung masa subur berdasarkan siklus menstruasi. Sehingga dengan mengetahui masa subur, anda bisa memperbesar kemungkinan untuk memiliki keturunan. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan bagi anda yang ingin mengetahui tentang kalender masa subur untuk mendapatkan anak laki-laki. Pada aplikasi ini juga terdapat fitur Usia Kehamilan. Dimana pada fitur ini anda bisa menghitung usia kehamilan saat ini hingga perkiraan lahir. Untuk memperkirakan berat badan pada fitur Usia Kehamilan ini menggunakan skala BMI sebagai standarnya.

  1. Mengetahui Kesuburan Melalui Lendir Serviks

Perlu anda ketahui bahwa hormon pada wanita setelah haid juga akan sangat berdampak pada lendir serviks atau leher rahim yang akan berubah warna, jumlah, dan teksturnya. Hal ini terjadi supaya sel telur lebih mudah untuk dibuahi oleh sperma. Biasanya perubahan ini terjadi sekitar 4-3 hari. Anda bisa melakukan cara ini dengan memperhatikan dari teksturnya yang dimana lendir serviks tidak akan putus saat direnggangkan sekitar 2 cm, selain itu lendir juga akan lebih kenyal dan kental. Jika kondisinya seperti itu, berarti anda sedang masa subur.

  1. Mengetahui Panjang Siklus Menstruasi

Untuk menghitung masa subur, anda harus menandai siklus menstruasi tiap bulan dan menghitung berapa lama hal tersebut berlangsung. Pada panjang siklus menstruasi dihitung dari hari 1 yaitu hari pertama anda menstruasi, dan sampai hari terakhir yaitu hari sebelum periode menstruasi selanjutnya dimulai. Karena panjang siklus anda dapat sedikit berbeda dari bulan ke bulan, dan sebaiknya anda harus mencatat selama beberapa bulan untuk mengetahui rata-ratanya setidaknya 8 bulan.

  1. Ovulation Calculator : SureBaby

Aplikasi Ovulation Calculator : SureBaby ini merupakan kalkulator masa subur yang memiliki versi baru ini sangat cocok untuk digunakan dalam format perangkat Android. Sehingga akan bisa mempermudah anda untuk mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur. Dalam aplikasi ini terdapat fitur yang menjelaskan pada hari keberapa seorang wanita akan memiliki siklus ovulasi mereka masing-masing. Selain itu dengan menggunakan aplikasi ini bisa membantu anda untuk mengetahui panjang rata-rata siklus setiap bulannya dengan cara menghubungkan hari pertama haid terakhir. Kemudia setelah itu fitur kalkulator penghitung masa subur pada aplikasi ini akan memprosesnya. Dan fitur ini nantinya akan memberitahukan masa paling subur selama 6 bulan kedepan.

  1. Period Calculator

Jika anda ingin mengetahui cara kerja kalkulator menstruasi bulan berikutnya pada siklusmu, anda bisa menggunakan aplikasi ini. Karena aplikasi ini dirancang secara khusus untuk semua wanita yang ingin mengetahui soal kalkulator penghitung masa subur. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan semua yang dibutuhkan untuk merekam serta memonitor siklus menstruasi guna menentukan kapan ovulasi bisa terjadi. Sehingga fitur ini sangat bermanfaat sekali bagi anda yang sedang merencanakan program kehamilan, maupun bagi anda yang sedang menjalanai program KB.

Itulah informasi tentang 5 cara untuk menghitung masa subur pada wanita. Semoga dengan menggunakan cara-cara diatas anda bisa dengan segera mendapatkan anak.

Leave a reply "5 Cara Menghitung Masa Subur Pada Wanita"