4 Makanan yang Mampu Mencegah Penyakit Tumor

No comment 107 views

penyebab penyakit tumor

Tumor adalah salah penyakit yang paling menakutkan di dunia. Meskipun tergolong penyakit jinak, namun sewaktu-waktu tumor ini bisa saja menjadi ganas dan menjadi sangat mematikan. Keberadaan tumor di dalam tubuh menandakan jika tubuh tidak dalam kondisi baik. Biasanya kemunculan penyakit ini ditandai dengan adanya benjolan di bagian-bagian tubuh tertentu. Terkadang benjolan tersebut dapat hilang dan timbul dengan sendirinya. Namun penyebab terjadinya tumor juga masih belum bisa diperkirakan secara pasti. Akan tetapi berdasarkan penelitian medis, tumor bisa timbul akibat ketidakseimbangannya jumlah sel baru yang tumbuh dengan jumlah sel lama yang mati.

Setiap orang memiliki peluang yang sama untuk terserang penyakit tumor. Namun bagi mereka yang terus menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga yang teratur, waktu istirahat yang cukup dan makan makanan yang sehat, memiliki peluang yang lebih kecil untuk terserang penyakit tumor. Jadi, sebelum penyakit menakutkan ini menyerang Anda. Ada baiknya mulai dari saat ini, perhatikan pola hidup sehat Anda. Pola hidup sehat ini bisa di mulai dari memilih makanan yang tepat. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang mampu mencegah penyakit tumor;

1.  Buah beri

Aneka jenis buah beri seperti strawberry, raspberry, blueberry, blackberry dan lainnya sangat ampuh untuk mencegah serangan tumor. Buah yang masuk kategori berry ini mengandung zat anthocyanin – pigmen yang bersifat antioksidan untuk mencegah timbulnya penyakit tumor bahkan kanker. Anda membutuhkan setidaknya 1-2 porsi buah beri setiap harinya. Untuk penyajiannya bisa dibuat dengan banyak cara, sesuai dengan selera Anda. Bisa dengan cara memakan langsung (tanpa diolah) dan bisa pula dikonsumsi dalam bentuk jus buah, salad, sup buah, smoothie dan sebagainya.

2. Kayu manis

Rempah yang berasal dari kulit kayu ini biasanya selalu tersedia di dapur. Selain bisa digunakan untuk menambah cita rasa makanan, ternyata kayu manis juga merupakan rempah ajaib untuk mengurangi resiko munculnya penyakit tumor dan memperlambat penyebaran sel kanker. Menkonsumsi 0,5 – 1 sendok the kayu manis bubuk setiap harinya, dipercaya mampu mencegah penyakit kanker. Selain dikonsumsi dalam bentuk teh, kayu manis juga bisa disajikan dalam bentuk olahan, tanpa khawatir mengurangi manfaat utamanya.

3. Salmon

Ada alasan tersendiri mengapa ikan salmon menjadi menu makanan favorit di negara Jepang. Selain karena rasanya yang nikmat, ikan salmon memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Menurut sejumlah penelitian, daging ikan salmon mengandung vitamin D dan Omega-3 yang sangat tinggi. Dimana zat-zat tersebut berperan aktif untuk memerangi sel-sel tumor berkembang.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif. Disarankan untuk mengkonsumsi minimal 2 porsi ikan salmon setiap minggunya. Anda dapat menikmati ikan salmon dalam bentuk makanan olahan ataupun dalam bentuk multivitamin.

4. Brokoli

Jangan menganggap sebelah mata untuk sayuran yang satu ini. Meskipun bentuknya sedikit lucu, ternyata sayuran yang memiliki bentuk seperti “rambut kribo” ini memiliki segudang manfaat terutama untuk penyakit tumor dan kanker. Sayur brokoli mengandung zat sulforaphane yang merupakan zat anti-kanker. Zat ini mampu menekan sel-sel tumor/kanker hingga 75%. Namun Anda perlu memperhatikan cara pengolahannya. Brokoli baiknya dikonsumsi dalam keadaan yang tidak terlalu matang (setengah matang). Hal ini perlu diperhatikan karena zat-zat yang terkandung didalamnya sangat mudah rusak bisa terkena panas.

Leave a reply "4 Makanan yang Mampu Mencegah Penyakit Tumor"