3 Destinasi Tujuan Wisata Di Kota Solo Yang Wajib Di Singgahi

Untuk anda yang tinggal masih di wilayah jawa tengah, ini adalah saatnya anda untuk mengenal beberapa destinasi tempat wisata menarik yang ada di kota solo. Kota yang terletak tidak jauh dari kota jogja ini, menyimpan berbagai destinasi tujuan wisata yang layak untuk di kunjungi, entah bersama keluarga ataupun pasangan. Bagi anda yang ingin tahu 3 destinasi tujuan wisata di kota solo, langsung saja simak secara lengkap berikut ini;

destinasi tujuan wisata di kota solo

 

Kampoeng Batik Kauman

Solo juga miliki kampung batik yang populer, yang bernama Kampoeng Batik Kauman. Kampung ini adalah salah satu destinasi wisata budaya di Solo yang cukup popular hingga saat ini. Sedangkan bagi anda yang suka menggunakan batik, maka anda mesti berkunjung ke Kampung ini.

Anda dapat juga melihat-lihat koleksi batik atau langkah membuat batik ditempat ini. Tempat Kampoeng batik berdekatan dengan Keraton Kasunan Surakarta di pusat kota Solo. Untuk cirri khas produk batik di Kampoeng Batik Kauman rata-rata memiliki warna gelap dengan motif modern. Product batik Kampoeng Batik Kauman telah populer didunia, beberapa orang luar negeri yang berlangganan membeli batik. Harga batik di Kampoeng Batik Kauman ini bisa capai jutaan Rupiah. Tempatnya ada di Jln. Trisula, Kauman Timur, Solo, Jawa Tengah

Kampoeng Batik Laweyan Solo

Banyak tempat di Solo yang memang identik dengan batik dikarenakan histori batik benar-benar sangat kental disini. Bila Anda mau menyaksikan bagaimana sistem pembuatan batik dengan cara langsung maka datanglah ke kampung batik Laweyan. Anda dapat masuk ke lokasi sentra batik yang bangunan rumahnya begitu khas tempat tinggal waktu lampau. Bahkan juga tempat ini memang di kembangkan oleh pewaris keluarga pembatik yang dahulu hubungannya memang berdagang dengan tamu keraton Solo. Anda dapat juga belanja di pusat batik yang ada didalam rumah. Ada beragam jenis motif serta warna yang dapat Anda pilih. Bukan sekedar pakaian batik namun juga sepatu, tas serta kaos dengan ciri khas batik.

Taman Balekambang

Nah ini nih taman kota solo yang pantas untuk dicoba, di sini selain pemandangannya yang indah serta enak buat refresing maupun sebatas istirahat dengan ongkos masuk ke sini yaitu 0 rupiah dengan kata lain Gratis. Dengan ruang yang luas serta rindangnya pohon tua dengan ukuran raksasa juga ada kolam air yang eksotis, juga ada binatang jinak yang di lepaskan sehingga memberi nuansa yang lebih. Bila taman diluar negri kerap kita saksikan beberapa puluh dara yang di terlepas bebas di ruang taman, di Taman Balekambang juga ada puluhan dara yang dilepaskan bebas plus Rusa, Angsa, Kalkun serta sebagian hewan jinak lainnnya.

Taman Balekambang di bangun pada tahun 1921 oleh raja KGPAA Mangkunegara VII untuk beberapa putri raja, GRAy Partini Husein Djayaningrat serta GRAy Partinah Sukanta. Saat ini, patung ke-2 putri raja itu bisa kita saksikan didalam area taman dengan luas kurang lebih 9, 8 hektar ini. Taman Balekambang ini dibagi jadi dua, yakni Partini Tuin serta Partinah Bosch.

Pada tahun ’70-an hingga ’80-an, di Taman Balekambang ada gedung yang dipakai sebagai panggung pertunjukan Srimulat yang ketika itu tengah alami saat kejayaan. Bahkan juga, taman ini sempat juga jadi tempat mesum sebelumnya direvitalisasi seperti saat ini.

Partini Tuin atau Taman Air Partini Di tempat ini terdapat kolam resapan yang luas serta berperan sebagai tempat penampungan air. Terdapat banyak permainan wisata air yang bisa dipakai oleh beberapa pengunjung untuk bersenang-senang serta tempat duduk unik berupa angsa di tepi kolam untuk bersantai. Pengunjung dapat juga memberi makan ikan yang ada di sana.

Partinah Bosch atau Hutan Partinah Partinah Bosch adalah area kebun yang ditanami dengan beragam tanaman serta pohon-pohon langka. Pohon-pohon tua nan raksasa disini membuat panorama taman jadi hijau, rindang, serta eksotis. Sebagian pengunjung terlihat bersantai di kursi yang disiapkan di area taman, duduk di rerumputan bersama keluarga atau kekasih, dan sebagian terlihat asik bermain dengan ayam kalkun serta rusa yang dibiarkan terlepas di taman Balekambang.