3 Aktifitas Dalam Ruangan yang Menyenangkan untuk Anak-anak

Indoor Activities

Bagi anak-anak, bermain di luar rumah itu memang sangat menyenangkan, namun tidak selamanya hal itu bisa dilakukan. Terlebih di masa pandemik seperti sekarang ini. Sangat dianjurkan bagi anak-anak untuk mengurangi aktifitas di luar ruangan demi alasan kesehatan. Nah biasanya kalau sudah begitu, orang tua harus kreatif, nih! untuk menciptakan sesuatu yang menyenangkan yang bisa dilakukan anak-anak di dalam rumah. Kegiatan ini biasa dikenal dengan istilah Indoor Activities. Nantinya diharapkan anak tetap dapat bermain permainan yang ia sukai walau hanya dari dalam rumah saja.

Anak usia 1 – 5 tahun biasanya cenderung menyukai aktifitas fisik, seperti lari-larian, main mobil-mobilan, sepedaan hingga hal-hal yang cenderung membuatnya lebih cepat lelah. Nah, pada masa pandemik seperti sekarang, hal tersebut tentu akan mustahil dilakukan di luar rumah. Maka dari itu, orang harus mempersiapkan aktifitas pengganti yang bisa dilakukan di dalam rumah. Nah, berikut adalah beberapa hal-hal menyenangkan yang bisa dilakukan di dalam rumah bersama si kecil;

  1. Bermain Benteng dan tenda

Salah satu permainan di dalam rumah yang sangat disukai anak-anak adalah bermain benteng dan tenda. Permainan ini sangat menyenangkan dan bisa dilakukan bersama orang tua. Untuk membuat benteng dan tendanya, Anda bisa menggunakan selimut atau kardus bekas TV, lemari les dan sebagainya. Sebaiknya, buatlah bersama si kecil, bantu ia untuk menstimulasi imajinasinya, dengan begitu permainan akan menjadi lebih menyenangkan.

  1. Perburuan harta karun

Bermain petualangan seperti berburu harta karun memang sangat disukai anak-anak. Bila tidak memungkinkan untuk bermain perburuan harta karun di luar rumah, Anda bisa mengajak si kecil untuk bermain di dalam ruangan. Sebaiknya Anda mempersiapkan harta karun yang disukai si kecil, seperti aneka jajanan ataupun hadiah-hadiah ringan untuknya. Dan biar lebih seru lagi, persiapkan kostum-kostum yang unik ala bajak laut, sehingga mendorong si kecil untuk lebih bersemangat dalam bermain perburuan harta karun.

  1. Sandiwara atau drama

Bermain sandiwara atau drama juga sangat disukai oleh anak-anak. Permainan ini bisa menstimulasi imajinas anak untuk memerankan tokoh-tokoh yang ia sukai. Selain itu, bermain sandiwara juga bisa membangun kemampuan sosial, sekaligus memupuk rasa percaya dirinya.

Leave a reply "3 Aktifitas Dalam Ruangan yang Menyenangkan untuk Anak-anak"